Lengkap, Simak Cara Cek Kartu Indosat Sudah 4G Atau Belum

 cara mengetahui kartu 3 sudah 4g atau belum indosat
Cara Cek Kartu Indosat Sudah 4G Atau Belum

Mungkin beberapa orang belum paham betul bagaimana cara cek kartu Indosat apakah jaringannya telah mendukung sistem 4G LTE atau belum. Sebab, pengguna kartu Indosat versi lama wajib melakukan upgrade kartu agar dapat menggunakan sistem jaringan terbaru, yakni 4G LTE.

Jaringan 4G LTE ini menjadi salah satu bukti bahwa Indonesia telah mengalami perubahan cukup besar di sektor digital. Oleh sebab itu, Anda disarankan untuk segera melakukan migrasi kartu di gerai-gerai terdekat.

Memang, baru-baru ini beberapa provider di Indonesia termasuk Indosat sedang gencar mempromosikan jaringan internet berbasis 4G LTE. Karena, Anda akan menikmati beragam keuntungan dengan menggunakan jaringan internet berbasis 4G LTE.

Akan tetapi, jaringan ini tidak dapat kompatibel dengan beberapa jenis smartphone model lama. Hal ini disebabkan karena smartphone versi lama tidak mendukung jaringan LTE. Oleh sebab itu, pasang kartu Indosat 4G LTE pada smartphone yang mendukung jaringan tersebut.

Keuntungan Menggunakan Kartu Indosat Tipe 4G LTE

Cara Cek Kartu Indosat Sudah 4G Atau Belum

Di era modernisasi, kecepatan dalam jaringan internet sangat dibutuhkan untuk memobilisasi kebutuhan masyarakat. Sehingga, Anda tentu membutuhkan koneksi jaringan internet super cepat.

Salah satu cara untuk mempercepat koneksi internet adalah menggunakan kartu perdana yang mendukung jaringan 4G LTE. Salah satu provider pelopor jaringan 4G LTE di Indonesia adalah Indosat.

Ada beberapa keuntungan yang dapat Anda rasakan dengan menggunakan kartu perdana Indosat yang telah menggunakan jaringan 4G LTE. Diantaranya adalah sebagai berikut ini :

  1. Kecepatan Koneksi Internet

Koneksi internet dari provider Indosat yang telah menggunakan jaringan 4G LTE ini memiliki kecepatan sekitar 75 Mbps hingga 100 Mbps. Sehingga, proses browsing menjadi 5x lebih cepat jika dibandingkan dengan jaringan versi 3G.

  1. Proses Migrasi Kartu Gratis

Sebagai pengguna, Anda wajib tahu bagaimana cara cek kartu Indosat apakah kompatibel dengan jaringan 4G atau tidak. Jika belum, maka silahkan lakukan migrasi kartu. Tak perlu khawatir, migrasi kartu ini gratis tanpa dipungut biaya.

  1. Paket Internet Lebih Murah

Kini, beberapa provider menyediakan paket internet dengan harga jauh lebih murah. Bahkan, paket internet dari Indosat telah menggunakan jaringan 4G LTE. Untuk itu, segera beli paket internet berbasis 4G LTE setelah melakukan migrasi kartu.

  1. Kuota Internet Lebih Besar

Meskipun dibanderol dengan harga murah, kuota internet yang diberikan oleh provider di Indonesia termasuk Indosat ini cukup besar. Bahkan, terdapat paket internet unlimited dengan harga dibawah Rp. 200.000 saja.

  1. Koneksi Lebih Stabil

Dan keuntungan terakhir, jaringan 4G LTE ini lebih stabil jika dibandingkan dengan jaringan versi 3G. Bahkan, Anda tetap dapat terkoneksi dengan jaringan internet meskipun di area pedalaman sekalipun.

Maka dari itu, para pelanggan Indosat wajib melakukan migrasi ke jaringan 4G LTE untuk mendapatkan kenyamanan saat berinternet.

Cara Cek Kartu Indosat Apakah Sudah Terkoneksi Jaringan 4G LTE atau Belum

cara cek kartu indosat sudah 4g atau blm

Beberapa pengguna kartu dari provider Indosat ini terkadang masih bingung apakah perdana miliknya kompatibel dengan jaringan 4G LTE atau belum. Untuk mengetahuinya, maka Anda harus melakukan pengecekan manual.

Memang, Anda bisa melakukan pengecekan langsung di gerai Indosat terdekat. Namun, di musim pandemi virus corona, langkah tersebut tidak dapat Anda lakukan karena gerai terdekat sementara ditutup karena ada kebijakan dari pemerintah.

Maka, melakukan pengecekan secara mandiri adalah langkah yang paling tepat. Cara cek kartu Indosat untuk mengetahui apakah kompatibel dengan jaringan 4G LTE atau belum adalah masuk ke setelan ponsel.

Langkah selanjutnya, pilih menu jaringan seluler. Lalu, silahkan Anda mencari pengaturan sinyal. Kemudian, ada beberapa pilihan yang disediakan oleh smartphone Anda. Pilihan jaringan tersebut antara lain 2G, 3G, dan 4G LTE.

Pilih jaringan 4G LTE. Jika pada pengaturan jaringan tidak tersedia pilihan jaringan 4G LTE, maka Anda harus melakukan migrasi kartu Indosat agar dapat menggunakan jaringan 4G LTE dari Indosat.

Selain itu, ada acara alternatif untuk mengecek kartu provider Anda. Pengguna bisa melakukan panggilan ke nomor “*#*#4636*#*#”. Kemudian tekan tombol dial. Setelah itu, akan muncul beberapa pilihan jaringan internet. Jika terdapat pilihan 4G LTE, maka Anda tidak perlu melakukan migrasi kartu provider.

Lalu, cara cek kartu Indosat alternatif lainnya dengan menginstall aplikasi yang tersedia di Google Play Store atau App Store. Cara ini dirasa cukup efektif dan simpel. Anda hanya perlu mendownload dan menginstall aplikasi dari Indosat.

Kemudian, login dengan memasukkan nomor kartu Indosat yang Anda miliki. Kemudian, cek status kartu dengan mencari menu informasi. Dari menu tersebut, Anda dapat membaca bahwa kartu Anda telah mendukung jaringan 4G LTE atau belum.

Jadi, Anda dapat dengan mudah mengetahui salah satu cara cek kartu indosat sudah 4g atau blm, apakah telah terkonfigurasi dengan jaringan 4G LTE atau belum. Jika belum, maka lakukan migrasi kartu sesuai dengan peraturan, syarat, serta ketentuan yang diberlakukan oleh pihak Indosat.

Tutorial Lengkap Cara Migrasi Kartu Indosat dari Versi Lama ke Versi 4G LTE

 cara mengaktifkan jaringan 4g indosat

Apabila Anda telah menguasai cara cek kartu Indosat, maka langkah selanjutnya adalah memahami bagaimana cara migrasi kartu dari versi 3G ke versi 4G LTE. Kami akan membahas terkait tutorial lengkap cara migrasi kartu Indosat

Jika kartu Indosat milik Anda belum terkonfigurasi dengan jaringan versi 4G LTE, maka segera lakukan migrasi kartu. Caranya cukup mudah sekali. Anda cukup membawa smartphone yang mendukung jaringan LTE.

Selain itu, Anda juga harus membawa kartu tanda penduduk (KTP) dan kartu keluarga (KK) untuk proses pendaftaran kartu perdana 4G LTE dari Indosat. Setelah itu, segera datangi gerai Indosat terdekat dari domisili Anda.

Lalu, tunggu giliran untuk dapat ditangani oleh tim customer service dari Indosat. Setelah giliran Anda, maka segera sampaikan maksud dan tujuan ketika mendatangi gerai Indosat terdekat. Sampaikan bahwa Anda ingin melakukan migrasi kartu dari versi 3G ke 4G LTE.

Setelah itu, customer service akan meminta kartu lama Anda untuk dilakukan penggantian dengan kartu baru. Lalu, customer service Indosat akan meminta Anda untuk melakukan aktivasi dengan menginput nomor kartu tanda penduduk (KTP) dan kartu keluarga (KK).

Apabila kartu baru yang telah terkonfigurasi dengan jaringan 4G LTE telah diaktivasi, maka silahkan tunggu beberapa saat. Biasanya, kartu akan aktif kembali setelah pemilik melakukan pengisian ulang pulsa.

Jika pelanggan telah mengisi ulang pulsa, maka Anda dapat melakukan salah satu cara cek kartu Indosat kembali. Tujuannya untuk memastikan bahwa kartu Indosat milik Anda telah berhasil di migrasi dari versi 3G ke versi 4G LTE.

Memang, setiap permintaan migrasi kartu perdana Indosat lebih disarankan untuk datang langsung ke gerai terdekat. Sebab, Anda akan mendapat penjelasan lebih detail terkait fitur dan fasilitas dari jaringan 4G LTE Indosat.

Di era serba digital, kecepatan koneksi internet menjadi salah satu kebutuhan masyarakat. Sebagai pengguna provider Indosat, Anda wajib tahu cara cek kartu Indosat untuk mengetahui apakah telah terkonfigurasi dengan jaringan 4G LTE atau belum.