Inilah Cara Mudah Memindahkan File Dari Handphone ke Laptop

Kini proses memindahkan file dari handphone ke perangkat device lainnya seperti Laptop semakin mudah. Sebab, ada beberapa cara yang dapat Anda gunakan untuk memindahkan semua jenis file dari smartphone pribadi ke laptop.

Anda bisa memilih salah satu metode pemindahannya, baik menggunakan kabel USB maupun tanpa kabel (nirkabel). Jadi, pastikan terlebih dahulu apakah smartphone maupun laptop Anda memiliki fitur yang memungkinkan untuk transfer data tanpa kabel (nirkabel).

Jika tidak mendukung, maka Anda disarankan menggunakan kabel USB untuk memindahkan file dari smartphone ke laptop maupun PC desktop. Hanya saja, Anda harus menggunakan kabel charger original.

Jika tidak menggunakan kabel charger original, maka proses pemindahan file dari smartphone ke laptop akan mengalami gangguan. Bahkan, proses perpindahan file pun terkesan cukup lamban.

Selain menggunakan kabel USB, proses pemindahan file dari smartphone ke laptop dapat menggunakan metode lainnya. Metode ini juga dapat dijadikan sebagai cara alternatif jika Anda tidak memiliki kabel charger original.

Lengkap, Daftar Cara Memindahkan File dari Handphone ke Laptop

cara memindahkan file dari handphone ke laptop

Setiap pengguna tentu harus mengetahui bagaimana cara memindahkan suatu file dari smartphone pribadi ke laptop maupun PC desktop. Hal ini bertujuan agar Anda bisa mengakses file yang tersimpan pada smartphone untuk dibuka atau diakses ke laptop maupun PC desktop.

Oleh sebab itu, Anda perlu mengetahui bagaimana cara memindahkan beberapa file dari smartphone ke laptop pribadi milik Anda. Sebab, jika Anda tidak mengetahui caranya, maka file yang tersimpan di smartphone akan mengalami kegagalan.

Untuk mengurangi faktor kegagalan saat proses perpindahan file dari smartphone ke laptop, maka ini dia daftar cara-cara yang bisa Anda coba. Diantaranya adalah sebagai berikut ini :

  1. Memindahkan File Menggunakan Kabel Charger USB

Cara ini lumrah dilakukan oleh semua pengguna. Cara memindahkan file dari handphone pun cukup mudah sekali. Anda cukup menyambungkan kabel charger USB male ke port USB female pada laptop. Kemudian, kabel micro USB disambungkan ke port charger smartphone Anda.

Setelah itu, muncul beberapa pilhan setelah proses penyambungan. Pilih menu transfer file. Kemudian, pilih file yang akan dipindah dan klik kanan lalu tekan copy. Setelah itu, pilih folder untuk menampung file yang akan dipindah lalu tekan paste.

  1. Memindahkan File Menggunakan USB OTG

Cara ini menjadi salah satu langkah alternatif yang bisa Anda gunakan ketika tidak memiliki kabel charger USB original. Untuk menggunakan cara ini, maka Anda wajib menyediakan USB OTG. Pastikan pula smartphone Anda support dengan USB OTG.

Cara menggunakan metode ini cukup mudah. Pertama, sambungkan flasdisk dengan USB OTG. Kemudian, sambungkan USB OTG ke smartphone Anda. Setelah itu, cari file yang akan ditransfer ke laptop pribadi.

Setelah file berhasil dipindah, maka lepaskan Flashdisk dari USB OTG. Kemudian, sambungkan flashdisk ke laptop. Lalu, pindahkan file dari flashdisk ke laptop maupun PC desktop.

  1. Memindahkan File Via Bluetooth

Bagi Anda yang ingin menggunakan metode nirkabel, maka silahkan memilih metode memindahkan file dari handphone ke laptop via sambungan Bluetooth. Metode ini cukup mudah.

Langkah pertama, pastikan terlebih dahulu apakah laptop Anda memiliki fitur bluetooth. Kemudian, aktifkan fitur tersebut untuk berbagi file yang akan dipindahkan. Setelah itu, aktifkan pula bluetooth pada smartphone milik Anda. Lalu, pilih file yang akan dikirim.

Setelah itu pilih menu “send file”. Cek laptop Anda dan tekan menu “terima atau receive file”. Jika berhasil tersambung, maka tunggu beberapa saat hingga proses pengiriman file selesai.

  1. Memindahkan File Via Google Drive

Dan cara yang terakhir yakni memindahkan file melalui aplikasi Google Drive. Cara ini mungkin terbilang rumit. Hanya saja, Anda tidak perlu menyambungkan smartphone ke laptop secara langsung.

Caranya cukup mudah sekali. Anda hanya perlu memiliki akun Google Drive secara pribadi. Kemudian, unggah file yang akan dipindahkan ke Google Drive. Langkah selanjutnya, buka aplikasi browser milik Anda.

Kemudian, akses akun Google Drive. Seger acari file yang telah diunggah melalui smartphone. Download file tersebut dan pindahkan ke folder khusus yang telah dipersiapkan sebelumnya.

Faktor yang Membuat Gagal Memindahkan File dari Handphone ke Laptop

Cara Mudah Memindahkan File Dari Handphone ke Laptop

Beberapa orang mungkin kerap mengalami gagal proses transfer file dari smartphone ke laptop. Hal ini disebabkan karena beberapa faktor. Faktor pertama, Anda tidak menggunakan kabel USB original dari smartphone bawaan.

Akibatnya, proses transfer file pun mengalami gangguan. Hal ini disebabkan karena kabel non original tidak mampu mentransmisi file data dengan tepat dan cepat. Sehingga, proses transfer data pun menunggu hingga beberapa menit hingga hitungan jam.

Faktor kedua, ada kerusakan pada smartphone milik Anda. Hal ini cukup lumrah dialami oleh beberapa pengguna. Kerusakan pada smartphone ini memang bisa saja terjadi. Untuk mengatasi masalah tersebut, maka Anda disarankan melakukan pengecekan terlebih dahulu.

Jika ada kerusakan pada sistem operasi atau software, maka segera lakukan flashing ulang. Akan tetapi, resiko melakukan flashing ulang smartphone dapat menyebabkan data file hilang secara permanen.

Untuk itu, pindahkan terlebih dahulu data file yang dianggap penting. Lalu, lakukan flashing ulang smartphone Anda. Faktor ketiga, faktor ketiga ada pada jenis laptop yang Anda gunakan. Pastikan fitur device manager laptop kamu telah menggunakan versi terbaru.

Umumnya, pengguna laptop yang menggunakan sistem operasi Windows 10 harus melakukan update device manager agar proses memndahkan file dari handphone ke laptop pribadi. Jika Anda belum melakukan update device manager versi terbaru, maka pengguna laptop dengan sistem operasi Windows 10 tidak dapat melakukan transfer data melalui sambungan kabel USB

Solusi dalam Mengatasi Kegagalan Transfer File dari Handphone ke Laptop

Sebagai pengguna, tentu Anad harus paham betul bagaimana cara mengatasi atau solusi atas kegagalan saat melakukan transfer file dari handphone ke laptop. Dengan langkah-langkah solutif yang tersedia, maka Anda bisa melanjutkan proses transfer file dari handphone ke laptop tanpa mengalami gangguan berarti.

Solusi pertama kegagalan memindahkan file dari handphone ke laptop adalah melihat kembali kabel USB yang digunakan. Jika kabel terlihat terkelupas, maka hal tersebut dapat membuat proses transfer data mengalami kegagalan.

Maka dari itu, Anda bisa melakban kabel yang terlihat mengelupas dengan isolasi. Langkah ini dipercaya dapat mengatasi masalah tersebut. Selain itu, cek bagian port USB male apakah ada kotoran atau tidak. Jika kotor, maka bersihkan menggunakan lap agar kabel berfungsi secara normal.

Solusi kedua, cek terlebih dahulu sistem operasi laptop pribadi. Pastikan semua software telah terupdate secara sempurna. Sebab, kegagalan proses transfer menggunakan kabel maupun nirkabel disebabkan karena device manager tidak kompatibel dengan Windows 10.

Anda membutuhkan beberapa perangkat tambahan untuk proses transfer data dari handphone ke laptop. Salah satunya adalah kabel charger USB atau USB OTG. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan metode transfe data nirkabel saat memindahkan file dari handphone ke laptop.