Panduan Cara Menggunakan Adobe Photoshop CS 3 Via PC Desktop

Sebagai editor foto, maka Anda wajib menguasai cara penggunaan Adobe Photoshop CS 3. Software ini merupakan aplikasi untuk mengedit foto yang dikelola dan dikembangkan oleh perusahaan teknologi ternama, yakni Adobe.

Anda dapat mengubah warna, background, dan mengubah model foto dengan menggunakan aplikasi Adobe Photoshop CS3. Memang, ada beberapa versi Adobe Photoshop versi terbaru, yakni CS 6. Namun, banyak editor lebih menguasai Adobe Photoshop versi CS 3.

Ada banyak kelebihan adobe photoshop, klik artikel tersebut untuk membacanya. Pada artikel kali ini, kami akan ulas spesifik di seri Adobe Photoshop versi CS3 ini lebih lengkap dan kompatibel dengan semua jenis device PC desktop. Maka tak heran jika versi ini lebih disarankan untuk digunakan meskipun Anda seorang edit foto kelas pemula.

Emang, setiap model PC desktop dapat diinstall aplikasi software Adobe Photoshop CS 3. Hanya saja, Anda wajib tahu apakah PC desktop milik Anda sesuai dengan spesifikasi untuk install software aplikasi. Jika tidak kompatibel, maka Anda tidak dapat menginstall aplikasi tersebut.

Daftar Fitur Adobe Photoshop CS3

Panduan Cara Penggunaan Adobe Photoshop CS 3 Via PC Desktop

Sebelum mempelajari cara penggunaan Adobe Photoshop CS3, maka ketahui terlebih dahulu beberapa fitur yang disediakan untuk mengedit foto. Tanpa mengetahui fungsi dari fitur-fitur yang tersedia, maka Anda pasti akan kesulitan untuk mengedit foto di software Adobe Photoshop CS 3.

Jadi, fitur-fitur ini memiliki fungsi dan kegunaan masing-masing. Maka dari itu, ini dia beberapa fitur dari software Adobe Photoshop CS 3 yang wajib diketahui. Diantaranya adalah sebagai berikut ini :

  1. Layer

Fitur utama yang wajib Anda ketahui fungsi dan kegunaannya adalah layer. Fitur berupa “kertas kosong” ini nantinya akan digunakan sebagai bidang dari foto yang akan diedit.

  1. Crop Tool

Fitur selanjutnya adalah crop tool. Fitur ini berguna untuk memotong bidang foto yang tengah diedit. Cara menggunakan tool ini cukup mudah. Silahkan atur ukuran foto yang akan dipotong menggunakan crop tool.

  1. Brush Tool

Apabila Anda ingin memberikan warna dengan efek kuas, maka silahkan menggunakan brush tool. Fitur ini dapat memberikan efek pewarnaan menggunakan kuas dengan berbagai ukuran. Jadi, silahkan gunakan brush tool sembari mempelajari cara penggunaan Adobe Photoshop CS 3.

  1. Clone Stamp Tool

Bagi editor yang ingin mengkloning bidang foto atau desain, maka gunakan tools clone stamp. Fitur ini berguna untuk mengkloning bagian foto atau desain yang sedang diedit untuk diletakkan ke layer lain.

  1. Gradient Tool

Jika editor ingin membuat gradasi warna pada foto atau desain yang tengah diedit, maka silahkan gunakan fitur gradient tool. Fitur ini bertugas untuk membuat gradasi warna sesuai dengan perpaduan warna dari foto atau desain yang sedang diedit.

  1. Eraser Tool

Apabila ada kesalahan dalam proses editing, maka silahkan gunakan eraser tool. Fitur ini berguna untuk menghapus hasil editing yang sedang dikerjakan. Oleh sebab itu, kesalahan dalam pewarnaan dapat diatasi dengan fitur eraser tool.

Tutorial Singkat Cara Menggunakan Adobe Photoshop CS3 untuk Pemula

Panduan Cara Penggunaan Adobe Photoshop CS 3 Via PC Desktop

Setelah mengetahui beberapa fitur-fitur yang tersedia pada software Adobe Photoshop CS 3, maka segera pelajari pula tutorial singkat bagaimana cara mengoperasikan software edit foto dan desain grafis yang dikelola oleh Adobe.

Maka dari itu, ini dia tutorial singkat bagaimana cara menggunakan dan mengoperasikan software Adobe Photoshop CS 3. Diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Download dan Install Software Adobe Photoshop CS3

Langkah pertama, silahkan download dan install aplikasi software Adobe Photoshop CS 3. Anda disarankan untuk mendownload file software resmi agar tidak membawa virus yang dapat merusak PC desktop Anda.

  1. Mulai Mempersiapkan File Foto atau Desain yang akan di Edit

Langkah kedua, siapkan file foto atau desain yang berencana akan diedit. Setelah itu, buat layer dengan pilih menu layer dan new layer. Setelah itu, klik file, pilih open, dan cari file foto atau desain yang akan di edit.

  1. Pilih Salah Satu Tools yang Akan Digunakan untuk Mengedit

Langkah ketiga, pilih salah satu tools yang tersedia pada software Adobe Photoshop CS 3. Sesuaikan tools tersebut dengan langkah editing yang akan Anda lakukan. Pastikan Anda mengetahui fitur tools yang tersedia agar memudahkan proses editing.

  1. Pilih Tools Kuas untuk Memberikan Warna pada Foto atau desain yang di Edit

Cara penggunaan Adobe Photoshop CS3 selanjutnya adalah memilih tools kuas untuk membuat gradasi-gradasi warna. Tujuannya agar foto atau desain yang sedang di edit tampak lebih menarik.

Ada beberapa ukuran kuas yang dapat Anda gunakan, mulai dari model kuas tebal hingga tipis. Sesuaikan dengan alur foto atau desain gambar yang tengah di edit.

  1. Simpan Foto atau Gambar yang telah Selesai di Edit

Langkah terakhir, silahkan simpan foto maupun gambar yang telah memasuki fase pasca editing. Anda bisa langsung tekan Ctrl + S atau masuk ke menu file, kemudian pilih save-as. Kemudian ubah nama file foto yang telah diedit, lalu tekan oke.

Spesifikasi PC Desktop yang Dapat Diinstall Adobe Photoshop CS3

Panduan Cara Penggunaan Adobe Photoshop CS 3 Via PC Desktop

Setelah mempelajari cara penggunaan Adobe Photoshop CS 3, maka ketahui pula apakah PC desktop Anda dapat diinstall aplikasi edit foto dari Adobe atau tidak. Memang, tidak semua jenis PC desktop dapat diinstall software Adobe Photoshop CS3.

Apabila Anda ingin menginstall aplikasi edit foto ini, maka pastikan terlebih dahulu bahwa PC desktop Anda menggunakan RAM minimal 2GB dan ROM internal sebesar 300GB agar tidak mengalami lag saat mengoperasikan Adobe Photoshop CS 3.

Setelah itu, pastikan pula bahwa PC desktop milik Anda menggunakan sistem operasi minimal Windows XP. Akan lebih baik jika Anda menggunakan sistem operasi Windows 7 atau Windows 8 dan 8.1 dengan tipe 32-bit.

Agar proses cara penggunaan Adobe Photoshop CS3 semakin lancar, maka gunakan prosesor jenis Intel Pentium 4, Intel Centrino, atau Core Duo. Setelah itu, gunakan tipe kartu grafis dari Intel UHD Graphics 600. Semakin bagus kartu grafis yang digunakan, maka semakin bagus pula hasil editing foto atau desain tengah Anda kerjakan.

Dan spesifikasi yang terakhir adalah menggunakan layar monitor full High Definition. Pastikan layar yang Anda gunakan memiliki resolusi 1024×768. Tujuannya agar hasil edit foto dan desain terlihat jelas.

Dengan begitu, Anda bisa melihat hasil akhir foto dan desain yang di edit menggunakan Adobe Photoshop CS 3. Apabila PC desktop Anda memiliki spesifikasi yang tidak sesuai dengan software aplikasi, maka Anda tidak dapat menginstallnya.

Adobe Photoshop CS 3 merupakan salah satu aplikasi editing foto atau desain grafis yang sangat kami rekomendasikan. Sebab, banyak editor profesonal yang memilih aplikasi ini untuk mengedit foto maupun desain grafis tertentu.

Meskipun software edit foto ini merupakan versi lama, namun banyak editor memilih untuk menggunakannya. Salah satu faktornya karena kelengkapan tool yang tersedia. Maka dari itu, segera pelajari cara penggunaan Adobe Photoshop CS 3 terlebih dahulu.