Cara Mengoperasikan MS Power Point

Cara Mengoperasikan MS Power Point
Cara Mengoperasikan MS Power Point

Untuk mempermudah saat persentasi di depan umum, maka Anda disarankan untuk menguasai cara mengoperasikan MS Power Point. Aplikasi yang masuk dalam software Microsoft Office ini berguna untuk membantu Anda ketika merangkum hasil tulisan di MS Word.

Selain itu, penggunaan aplikasi MS Power Point juga cukup penting ketika Anda terjun di dunia kerja. Sebab, software ini membantu Anda untuk mempresentasekan suatu produk ke dalam tulisan. Alhasil, orang-orang akan memahami apa yang tengah Anda sampaikan di depan umum.

Memang, software ini telah mengalami beberapa kali pembaruan. Sehingga, ada beberapa fitur tambahan yang bisa digunakan oleh user. Namun, tidak semua orang memahami fitur dalam membuat lembar persentasi melalui software MS Power Point.

Untuk itu, Anda perlu mempelajari bagaimana cara membuat materi persentasi menggunakan software MS Power Point. Dengan menggunakan MS Power Point, Anda bisa menambahkan gambar, suara, hingga video dalam satu slide.

Sejarah Singkat Terkait Software MS Power Point

MS Power Point merupakan salah satu perangkat lunak atau software yang dikembangkan oleh Bob Gaskin dan Dennis Austine. Software ini mulai dikembangkan dibawah perusahaan teknologi yakni Foretought, Inc.

Di tahun 1987, MS Power Point mulai dirilis dan jenis perangkat yang telah kompatibel dengan software persentasi ini adalah Apple Machitos. Hanya saja, pada waktu itu tampilan MS Power Point hanya terlihat hitam putih saja.

Dan masih banyak orang belum paham betul terkait cara mengoperasikan MS Power Point versi 1.0 ini. Dan di awal tahun 90-an, MS Power Point telah diakuisi oleh Microsoft dan kemudian tergabung pada Microsoft Office System.

Hingga kini, MS Power Point telah berkembang dan telah muncul versi 15 yakni MS Power Point 2013 yang dirilis tepat pada tahun 2013 yang lalu. Di versi terbaru, Anda dapat menggunakan beragam fitur yang memudahkan pengguna untuk membuat tampilan persentasi semakin menarik.

Selain itu, MS Power Point versi terbaru ini juga kompatibel dengan semua sistem operasi PC desktop, Laptop, hingga Smartphone Anda. Jadi, Anda bisa lebih mudah mengoperasikan MS Power Point.

Daftar Fitur MS Power Point untuk Membuat Tampilan Slide Lebih Menarik

Sebelum mempelajari cara membuat slide persentasi dengan menggunakan MS Power Point, maka ketahui terlebih dahulu beberapa fitur dari software tersebut. Dengan mengetahui apa saja fitur utama yang disediakan oleh software ini, maka Anda bisa membuat tampilan slide yang menarik.

Sebagai orang yang baru saja mempelajari software ini, maka ada beberapa fitur MS Power Point yang harus Anda ketahui. Tujuannya agar Anda dapat membuat slide persentasi yang menarik. Untuk itu, ini dia daftar fitur utama yang harus dipelajari terkair cara mengoperasikan MS Power Point. Diantaranya adalah sebagai berikut ini :

  1. Fitur Layout Slide

Bagi Anda yang ingin mengganti tampilan slide MS Power Point, maka gunakan fitur layout slide. Fitur ini menyediakan beragam macam tampilan layout slide dari software aplikasi MS Power Point.

Cara mengakses fitur ini cukup mudah. Anda bisa langsung cari menut “tab” dan kemudian pilih “layout”. Setelah itu, pilih layout yang Anda butuhkan. Lalu tekan apply.

  1. Add Image, Chart, dan Video

Fitur selanjutnya yang dapat Anda gunakan adalah menambahkan gambar, tabel, hingga video. Fitur ini wajib Anda kuasai guna memudahkan untuk mempelajari cara mengoperasikan MS Power Point.

Caranya pun cukup mudah. Anda bisa langsung mengklik tombol insert, kemudian pilih image untuk menambahkan gambar, chart untuk menambahkan tabel, dan video untuk menambahkan video ke dalam slide.

  1. Slide Master View

Fitur ini memudahkan Anda untuk menambahkan efek transisi di setiap slide MS Power Point. Dengan menggunakan fitur ini, maka Anda bisa menambahkan efek secara otomatis di setiap slide yang Anda buat setelah mengetahui cara mengoperasikan MS Power Point.

  1. Desain Slide

Untuk membuat tampilan slide MS Power Point semakin menarik, maka gunakan fitur desain slide. Fitur ini membuat tampilan slide semakin berwarna. Anda tak perlu khawatir, sebab fitur desain mengubah semua slide yang telah Anda buat sebelumnya.

Tutorial Lengkap Cara Mengoperasikan MS Power Point

Cara Mengoperasikan MS Power Point

Setelah mengetahui fitur-fitur penting dalam software MS Power Point, maka Anda bisa langsung mencoba mengoperasikannya. Sebelum itu, persiapkan materi yang akan Anda taruh pada software MS Power Point. Materi tersebut bisa Anda letakkan pada MS Word.

Untuk lebih jelasnya, Anda bisa menyimak tutorial lengkap terkait cara mengoperasikan MS Power Point dari awal hingga akhir. Diantaranya adalah sebagai berikut ini :

  1. Download dan Install Software Aplikasi MS Power Point

Langkah pertama, silahkan download dan install aplikasi terlebih dahulu bagi Anda yang belum memilikinya. Jangan lupa, gunakan software resmi karena menyediakan fitur yang Anda butuhkan untuk membuat tampilan slide terlihat menarik.

  1. Memilih Tampilan Layout

Langkah kedua, Anda harus memilih tampilan latar belakang atau layout slide di MS Power Point. Untuk memilih tampilan layout, silahkan cari menu “tab” setelah itu pilih “layout”. Pilih salah satu pilihan layout yang Anda butuhkan.

  1. Memasukkan Materi untuk Persentasi

Langkah ketiga, silahkan masukkan materi yang akan Anda persentasikan didepan umum. Untuk menambahkan gambar, tabel, maupun video, maka silahkan pilih menu “insert” kemudian, pilih image, chart, serta video. Pilih file yang akan disisipkan pada materi slide MS Power Point. Lalu tekan apply.

  1. Mengatur Desain Layout

Langkah keempat, atur desain layout agar tampilan slide MS Power Point Anda terlihat menarik. Cara mengoperasikan MS Power Point untuk mengubah desain layout ini cukup mudah. Silahkan pilih menu “insert” kemudian cari desain layout yang Anda sukai.

  1. Mengatur Efek Slide MS Power Point

Langkah terakhir, silahkan Anda mengatur efek slide yang tersedia pada software MS Power Point. Efek transisi ini tentu membuat tampilan slide yang Anda buat tampak lebih menarik. Cara memberi efek transisi ini cukup mudah.

Pertama, cari menu “animation” setelah itu, akan muncul beberapa pilihan efek animasi. Setelah itu, drag efek animasi yang Anda sukai. Kemudian, terapkan semua efek animasi pada slide yang telah dibuat.

Perbedaan Cara Mengoperasikan MS Power Point Via PC Desktop dengan Smartphone

Cara Mengoperasikan MS Power Point

Memang, kini tersedia MS Power Point versi aplikasi mobile smartphone. Bahkan, cara pengoperasiannya tidak jauh berbeda dengan versi PC Desktop. Namun, Anda tentu merasa kesulitan saat mengoperasikan MS Power Point versi aplikasi mobile.

Sebab, tampilannya terlalu kecil sehingga menyusahkan Anda dalam mengedit atau mendesain layout slide MS Power Point. Akibatnya, hasil desain slide terlihat cukup kacau dan kurang menarik.

Untuk itu, Anda disarankan untuk menggunakan PC Desktop untuk mengedit slide maupun tampilan layout. Sedangkan, Anda bisa menggunakan aplikasi mobile MS Power Point hanya untuk mereview hasil slide dan layout saja.

MS Power Point merupakan salah satu software untuk membuat persentasi di depan khalayak umum. Software ini tersedia di semua gadget, mulai dari PC desktop, Laptop, hingga Smartphone. Untuk itu, Anda wajib mengetahui cara mengoperasikan MS Power Point agar persentasi yang Anda lakukan semakin menarik.