Tutorial Cara Mengoperasikan Adobe Photoshop Bagi Pemula

Tutorial Cara Mengoperasikan Adobe Photoshop Bagi Pemula
Tutorial Cara Mengoperasikan Adobe Photoshop Bagi Pemula

Para desainer pemula tentu wajib tahu bagaimana cara mengoperasikan Adobe Photoshop. Sebab, perangkat lunak atau software ini berguna untuk mengedit sekaligus mendesain suatu gambar tertentu. Oleh sebab itu, aplikasi ini sangat wajib dikuasai bagi Anda yang bekerja di bidang desain grafis.

Dengan menggunakan software Adobe Photoshop, maka Anda dapat memperbaiki hasil foto yang dijepret melalui kamera digital. Alhasil, tampilannya pun terkesan lebih natural dan menarik untuk dilihat. Selain itu, aplikasi ini juga dapat digunakan untuk keperluan desain grafis.

Hanya saja, tidak semua device baik laptop atau PC Desktop dapat kompatibel dengan aplikasi Adobe Photoshop. Anda hanya dapat menggunakan device yang memiliki spesifikasi sesuai dengan software tersebut.

Sebelum belajar mengedit foto, maka Anda wajib tahu apa saja fitur, keunggulan, dan cara mengoperasikan aplikasinya. Apabila tidak menguasai 3 aspek tersebut, maka Anda akan kesulitan untuk mengedit foto atau desain grafis melalui aplikasi Adobe Photoshop.

Daftar Fitur Adobe Photoshop yang Wajib Diketahui dan Dikuasai

Tutorial Cara Mengoperasikan Adobe Photoshop Bagi Pemula

Sebelum belajar cara mengedit foto melalui software Adobe Photoshop, maka pelajari terlebih dahulu apa saja fitur yang tersedia. Sebab, fitur-fitur ini berguna untuk membantu Anda mendapatkan hasil editing foto yang dikehendaki.

Tanpa mengetahui fitur-fitur yang tersedia dalam software aplikasi, maka Anda akan kesulitan saat melakukan proses editing foto. Maka dari itu, ini dia beberapa fitur yang berguna untuk cara mengoperasikan Adobe Photoshop. Diantaranya adalah sebagai berikut ini :

  1. Layer

Layer adalah salah satu fitur yang wajib Anda ketahui saat mengedit foto melalui Adobe Photoshop. Fitur ini adalah Salinan bidang foto yang akan diedit. Fitur ini sering digunakan oleh editor agar menghasilkan desain gambar yang cukup menarik.

 

  1. Eyedropper

Bagi Anda yang ingin mengcopy warna dari objek gambar, maka editor dapat menggunakan tools eyedropper. Tools ini dapat mengcopy warna objek dan dapat dipastekan di layer lain. Tools ini sangat dibutuhkan agar Anda tidak kesulitan untuk mencari warna sejenis dengan objek yang diedit.

 

Fitur tools drawing text ini berguna untuk menggambar desain gambar secara manual. Anda bisa menggambar apapun di atas bidang layer yang telah disediakan. Anda juga dapat memberi warna pada fitur tools drawing text.

 

Ada beberapa ukuran kuas drawing text yang tersedia. Silahkan memilih salah satu ukuran kuas drawing text sembari belajar cara mengoperasikan Adobe Photoshop untuk para pemula.

 

  1. Paint Bucket

Apabila Anda ingin memberikan warna full color pada beberapa bagian, maka silahkan pilih tools paint bucket atau fill. Tools ini membantu Anda untuk “menuangkan warna” secara menyeluruh di bagian foto atau desain tertentu. Sehingga, proses pewarnaan lebih cepat dan praktis.

 

  1. Crop Tools

Bagi Anda yang ingin memotong beberapa bagian foto atau desain, maka editor dapat menggunakan crop tools. Alat ini berguna untuk melakukan cropping yang sesuai dengan ukuran tertentu.

Tutorial Lengkap Cara Mengoperasikan Adobe Photoshop

Tutorial Cara Mengoperasikan Adobe Photoshop Bagi Pemula

Bagi editor foto pemula, Anda harus mempelajari cara mengedit foto dengan simpel tanpa perlu menambahkan efek-efek tertentu. Anda perlu mempelajari bagian dasar software yang dikembangkan oleh Adobe ini.

Tanpa mempelajari bagian dasar, maka Anda pun akan kesulitan dalam mengoperasikan software Adobe Photoshop untuk mengedit foto. Maka dari itu, ini dia tutorial lengkap bagaimana cara mengedit foto via Adobe Photoshop. Diantaranya adalah sebagai berikut ini:

  1. Download dan Install Software Adobe Photoshop

Langkah pertama, silahkan download dan install terlebih dahulu software Adobe Photoshop. Pastikan software Adobe Photoshop yang Anda download ini kompatibel dengan spesifikasi PC desktop atau laptop.

 

  1. Cari File Gambar atau Desain yang Akan Diedit

Langkah kedua, silahkan siapkan layer software Adobe Photoshop. Setelah itu, pilih menu “open” dan silahkan cari foto atau gambar desain yang akan diedit menggunakan software Adobe Photoshop.

 

  1. Pilih Menu Tools Untuk Mengedit Foto atau Gambar Desain

Cara mengoperasikan Adobe Photoshop bagi pemula selanjutnya adalah memilih menu tools untuk mengedit foto atau gambar desain. Ya Anda harus pilih menu tools untuk mengedit foto atau gambar desain.

 

Ada banyak tools yang bisa Anda pilih, mulai dari crop, drawing text, hingga paint bucket. Anda juga dapat memilih pen tools untuk menggambar sesuatu di atas layer dan foto.

 

  1. Menggunakan Lasso Tools untuk Mengedit Objek Tertentu

Langkah keempat, Anda bisa menggunakan lasso tools untuk menyeleksi beberapa bagian foto atau gambar desain. Setelah itu, Anda bisa memberikan warna berbeda pada bagian yang telah diseleksi oleh lasso tools.

 

  1. Menyimpan Hasil Edit Foto atau Gambar Desain

Langkah kelima, Anda bisa langsung menyimpan hasil edit foto atau gambar desain. Setelah proses editing selesai, silahkan pilih menu “save as”. Kemudian, berilah nama file foto atau gambar desain yang diedit. Lalu, pilih format file dan kemudian tekan “save”.

Spesifikasi Device yang Kompatibel dengan Software Adobe Photoshop

Tutorial Cara Mengoperasikan Adobe Photoshop Bagi Pemula

Setelah mempelajari cara mengoperasikan Adobe Photoshop, maka kini ketahui pula spesifikasi device sebelum menginstall aplikasinya. Memang, tidak semua device ini kompatibel dengan software Adobe Photoshop.

Ada beberapa spesifikasi device yang kompatibel dengan software edit foto dan gambar desain paling populer ini. Umumnya, para editor foto profesional selalu menggunakan software Adobe Photoshop CS6.

Apabila Anda menggunakan versi yang sama, maka pastikan terlebih dahulu PC desktop atau laptop Anda menggunakan prosesor versi Intel Pentium 4 atau AMD Athlon. Selain itu, device yang digunakan minimal menggunakan sistem operasi Windows XP dengan service pax versi 3.

Setelah itu, pastikan device juga dibekali dengan kapasitas RAM minimal 1GB. Selain itu, device yang akan di install software Adobe Photoshop setidaknya menyediakan ruang penyimpanan internal kosong sebesar 1GB.

Dan spesifikasi yang terakhir adalah kartu grafis yang digunakan. Pastikan device yang Anda gunakan menggunakan kartu grafis minimal tipe Intel Pentium UHD graphics 600. Jika device Anda sesuai spesifikasinya, maka Anda tidak dapat menginstall software Adobe Photoshop CS6. Spesifikasi dari Adobe Photoshop CS6 ini tidak jauh berbeda dengan spesifikasi dari software Adobe After Effect untuk membuat efek video secara custom

Tips-Tips dalam Memilih Software Adobe Photoshop

Software Adobe Photoshop memang terbagi atas beberapa pilihan. Sehingga, Anda harus paham beberapa tips dalam memilih software edit foto yang dikelola oleh Adobe. Ada beberapa tips yang bisa Anda coba ketika memilih software Adobe Photoshop.

Tips pertama, Anda wajib menguasai bagaimana cara mengoperasikan Adobe Photoshop terlebih dahulu. Bagi pemula, Anda disarankan untuk menggunakan software Adobe Photoshop versi CS6. Sebab, versi Adobe Photoshop CS6 ini memiliki tools yang mudah dipelajari.

Tips kedua, pilih software Adobe Photoshop yang kompatibel dengan device yang Anda gunakan. Sebab, tidak semua device dapat di install Adobe Photoshop CS6. Anda dapat menginstall Adobe Photoshop versi lain jika Anda menggunakan device dengan spek kentang.

Adobe Photoshop menjadi salah satu software untuk mengedit foto dan gambar desain. Untuk menginstall aplikasi ini, maka pastikan terlebih dahulu apakah device yang digunakan kompatibel dengan software tersebut. Setelah itu, pelajari bagaimana cara mengopeasikan Adobe Photoshop untuk mengedit foto dan gambar desain.