Tutorial Bagaimana Cara Scan Printer Epson L3110 dengan Mudah

Pemindaian atau scanning data merupakan hal penting yang harus bisa dilakukan oleh sebuah printer. Salah satu printer paling sering digunakan adalah Epson. Dengan kualitas tinggi memberikan hasil yang bagus.

Driver scanner adalah syarat wajib Anda jika ingin mencetak di printer. Anda tinggal install driver Epson di halaman ini, untuk windows 10 pilih pada tulisan Epson Web Installer for Windows (Driver & Utilities Full package).

Di samping kiri ada link download, silahkan download dulu sampai file installer berhasil selesai diunduh. Setelah itu tinggal instal driver, selesai deh.

cara scan di printer epson l3110

Langkah-langkah Cara Menggunakan Scan Printer Epson yang Baik dan Benar

Sebenarnya tidak sulit menemukan printer dengan fasilitas bisa scan data dokumen maupun foto. Sejumlah produsen telah mengeluarkan berbagai merk canggih dengan teknologi terbaru mereka, salah satu yang selalu jadi pilihan adalah Epson. Brand internasional jadi pilihan banyak orang.

Berikut adalah cara scan di printer Epson L3110 melalui laptop maupun komputer.

              1. Setting Pengaturan Printer

Anda harus mengatur semua settingnya terlebih dahulu. Apalagi jika printer belum ada koneksinya ke wireless maupun wifi. Tanpa hal itu tentu saja tidak akan bisa berjalan dan mematuhi perintah dari komputer atau laptop. Oleh karena itu, untuk menghubungkannya Anda hanya perlu USB saja.

Pakai USB port pada laptop dan computer, namun jika ternyata printer sudah terhubung dengan wireless maka tinggal pakai fitur wifi saja. Pastikan juga printer tidak mengalami masalah serius seperti adanya kabel yang trouble dan bermasalah sehingga membuatnya tidak bisa terkoneksikan

Jika printer Anda tidak bisa digunakan untuk nge-print, bisa jadi perlu di cleaning. Simak tulisan kami tentang cara cleaning printer epson disini.

cara nge scan di printer epson l3110

             2.  Nyalakan Printer ke Mode ON

Langkah selanjutnya adalah dengan memastikan jika printer sudah dalam keadaan ON. Setiap printer memang memiliki pengaturan berbeda-beda. Namun untuk Epson sendiri biasanya terletak pada pojok kanan atas. Anda tinggal colokkan kabel ke stop kontak dan tekan tombol sampai nyala hijau.

Jika tidak bisa maka ada kemungkinan jika printer tengah mengalami masalah, bisa cek Kembali ke computer apakah settingnya sudah sesuai semua. Saat sudah nyala ke lampu hijau jangan langsung digunakan, karena biasanya ada waktu loading dari dua sampai lima detik.

             3. Menyediakan Dokumen

Sebelum masuk ke Langkah selanjutnya Anda harus memastikan dulu dokumen sudah siap digunakan. Dokumen yang akan dipindai harus rapi tanpa ada lipatan, tidak kucel dan bisa dipasang lurus pada mesin printer. Jadi saat sudah masuk proses scan tidak mengalami kendala sedikitpun.

Cara mempersiapkannya adalah dengan membuka penutup pada bagian atas printer, kemudian tinggal taruh di atas kaca dengan posisi menghadap ke bawah saja. Sebelum menutupnya pastikan dokumen benar-benar sudah terpasang dengan rapi, lurus, tanpa ada sobekan atau lipatan.

           4. Atur Setting Pada Komputer

cara scan dokumen di printer epson l3110

Setelah itu Anda bisa masuk ke setting pada komputer atau laptop yang sudah dihubungkan dengan printer. Menu yang disediakan memang berbeda, Anda tinggal sesuaikan saja dengan jenisnya. Namun saat ini di Epson juga sudah ada opsi scan otomatis yang memudahkan aktivitas scan. Penting juga untuk mengatur juga document size-nya. Mau warna atau hitam putih

Opsi scan otomatis memang belum bisa dinikmati pada semua jenis printer. Intinya pada fitur ini pengguna akan langsung ditujukan ke panel pemindaian sehingga memotong proses yang cukup Panjang. Bisa langsung scan dokumen dengan mudah, cepat tanpa harus mengisi data dulu.

             5. Buat Perintah Scan Pada Printer 

Setelah membuka jendela aplikasi scan, maka Anda tinggal pilih menu new scan saja atau tekan scan. Jika Anda saat ini ingin scan dokumen baru maka bisa pakai new scan, namun jika ingin pilih dokumen lama maka bisa mencarinya lewat riwayat yang sudah pernah dilakukan selama pemakaian komputer atau laptop

Namun sebelum itu terlebih dahulu Anda harus mengisikan data-data seperti ukuran dokumen, resolusi scanning sampai format yang akan digunakan. Pdf, jpg, jpeg, dan semacamnya. Lengkapi dengan hati-hati agar tidak dua kali kerja. Banyak orang harus ulang dari awal karena tidak teliti isi data.

             6.  Tekan Opsi Preview Pada Laptop atau Komputer

cara nge scan di printer epson l3110

Kemudian Anda bisa buka opsi preview terlebih dahulu untuk melihat kesesuaian data dengan hasil yang akan keluar nanti. Banyak pilihan edit pada tombol preview sehingga jika masih ada yang kurang bisa langsung ke menu halaman awal kemudian atur ulang sampai dapat hasil sesuai keinginan.

Jika ingin mengatur hanya halaman tertentu saja yang dipindai, maka Anda bisa pakai opsi fitur preview scan image as separate files. Dengan demikian komputer akan memberikan pilihan nomor halaman dan Anda tinggal menggunakannya saja. Setelah itu akan dipahami oleh printer.

             7.  Tunggu Proses Sampai Dokumen Sukses Terpindai

Jika hasil dari preview sudah sesuai dengan yang diinginkan maka Anda bisa langsung klik scan saja. Tunggu sampai dokumen atau gambar sukses terpindai dengan baik. Saat sedang proses jangan pernah sekalipun Anda mencoba untuk membuka penutup scanner pada printer.

Jika sampai melakukannya maka akan membuat dokumen atau file gagal terpindai dengan sempurna. Usahakan untuk tetap mendiamkannya saja selama kurang lebih dua sampai lima detik saja. Namun waktu yang dibutuhkan masing-masing printer juga berbeda-beda, tergantung jenisnya.

             8.  Dokumen Sudah Tersimpan Sempurna

Sebagai informasi tambahan saja, jika dokumen sudah sukses terpindai maka akan langsung tersimpan ke folder tempat penyimpanan di file explorer komputer atau laptop tersebut, misal My Document atau dari folder internal lainnya. Jadi Anda bisa membukanya Kembali jika suatu saat membutuhkannya.

Namun jika Anda ingin menempatkannya pada folder tertentu maka bisa atur sesuai keinginan. Biasanya menunya juga ada pada setting dan scan printer. Anda bisa melakukannya sebelum proses scan dimulai, jadi saat penyimpanan otomatis sudah langsung masuk ke folder dokumen di printer epson.

             9.  File Dapat Digunakan Sesuai Kebutuhan

Terakhir file yang sudah digunakan untuk scan kemudian akan tersimpan ke folder tertentu. Hasil scan akan muncul. Jika sewaktu-waktu Anda ingin menggunakannya Kembali maka tinggal buka saja, kemudian ubah format sesuai kebutuhan. File juga masih bisa disunting menjadi bentuk lain untuk kemudian di print.

Jadi tidak perlu takut lagi Ketika membutuhkan file tersebut, karena tidak akan terhapus begitu saja. Yang penting adalah mengingat lokasi dimana dokumen berada. Kalau perlu beri nama juga sesuai isinya agar mudah dipilih Ketika sudah bercampur dengan beragam file lainnya.

Berbagai Macam Penyebab Scan Gagal

cara scan di printer epson l3110 windows 10

Belakangan ini masih banyak juga orang yang bekerja di perkantoran sering gagal melakukan scan, padahal sebenarnya mudah saja Langkah-langkahnya. Namun agar kejadian tersebut tidak berulang lagi sebaiknya Anda pastikan dulu beberapa hal yang bisa membuat proses scan gagal.

Pertama. Tidak menempatkan dokumen di posisi yang tepat. Seringkali masih miring atau tidak datar alias bergelombang sehingga membuat hasil juga menjadi jelek. Bahkan membuat proses scan berhenti di jalan karena tidak bisa membaca dokumen tersebut, alhasil printer rusak.

Kedua, ada penghalang saat melakukan scanning. Sebaiknya Anda juga memeriksa di sekitar lokasi scan, apakah ada kertas lain, atau serpihan rautan pensil dan benda-benda kecil lainnya yang bisa saja membuat proses deteksi dokumen menjadi gagal.

Itulah tadi cara scan dokumen di printer Epson L3110. Semoga berguna dan melancarkan pekerjaan Anda untuk scan dokumen maupun foto. Namun pastikan juga kinerja printer bisa maksimal dan tidak terjadi kerusakan apapun.

Jika anda tidak ada punya scanner, bisa juga diakali menggunakan aplikasi paint untuk print screen dokumen Anda agar jadi image. Semoga bermanfaat.