Kenali, Ini Dia Fungsi Adobe After Effect untuk Edit Video

Ini Dia Fungsi Adobe After Effect untuk Edit Video
Ini Dia Fungsi Adobe After Effect untuk Edit Video

Sebagai editor video profesional, Anda wajib mengetahui beberapa fungsi Adobe After Effect. Software yang dikembangkan dan dikelola oleh Adobe ini memiliki peranan penting dalam proses editing video.

Sebab, Anda dapat membuat bumper atau video animasi pembuka yang sangat menarik. Bahkan, beberapa Youtuber di Indonesia ini menggunakan software Adobe After Effect untuk kebutuhan konten. Salah satunya adalah memberikan efek-efek tertentu.

Sehingga, hasil video konten dirasa lebih menarik untuk dinikmati oleh penonton. Bagi editor pemula yang ingin belajar mengedit video melalui software Adobe After Effect, maka kenali terlebih dahulu fitur tools yang tersedia.

Sebab, Anda tidak akan mengetahui cara mengoperasikannya apabila belum paham betul fitur tools yang tersedia. Setelah itu, Anda bisa langsung mencoba mengedit video bumper dari Adobe After Effect.

Setelah menguasai beberapa fungsi dan fitur dari aplikasi Adobe After Effect, maka Anda bisa langsung mencobanya. Anda bisa mencoba untuk membuat visual efek secara custom atau membuat teks animasi dengan tampilan 3 dimensi.

Perbedaan Software Adobe After Effect dengan Adobe Premiere Pro

Ini Dia Fungsi Adobe After Effect untuk Edit Video

Salah satu perusahaan terbesar di bidang teknologi, yakni Adobe memang menyediakan beragam software editing terbaik. Khusus untuk edit video, terdapat 2 jenis software yang tersedia yakni Adobe After Effect dan Adobe Premiere Pro.

Memang, kedua software dari Adobe ini memiliki kesamaan pada fungsinya. Keduanya dapat digunakan untuk mengedit video. Sebagai seorang editor, Anda wajib tahu perbedaan kedua software tersebut.

Ada beberapa perbedaan dari segi fungsi Adobe After Effect dengan Adobe Premiere Pro. Untuk itu, ini dia perbedaan antara software editing video yang dikelola oleh Adobe. Diantaranya adalah sebagai berikut ini :

  1.     Fungsi Utama Software

Letak perbedaan yang pertama ada pada fungsi utama dari kedua software tersebut. Untuk software Adobe Premiere Pro ini lebih dikhususkan untuk mengedit video secara menyeluruh.

Sedangkan, untuk Adobe After Effect ini lebih dikhususkan untuk membuat efek grafis yang tidak tersedia di Adobe Premiere Pro. Oleh sebab itu, software Adobe After Effect sedikit lebih sulit dalam pengoperasiannya.

  1.     Tools yang Digunakan

Dan letak perbedaan yang kedua adalah banyaknya tools-tools yang digunakan. Untuk software Adobe Premiere Pro, tools yang tersedia meliputi efek video, transisi, hingga audio gain. Sedangkan tools Adobe After Effect lebih beragam.

Mengingat fungsi Adobe After Effect lebih spesifik, maka Adobe membekali software ini dengan beragam fitur tools mendetail. Sehingga, editor dapat membuat video efek sesuai dengan keinginannya.

  1.     Model Aplikasi

Perbedaan selanjutnya ada pada model aplikasi. Model aplikasi dari Adobe Premiere ini berisi beberapa workspace yang dapat digunakan untuk mengedit video. Selain itu, Anda juga dapat mengedit audio jika dibutuhkan.

Bahkan proses penggabungan antar video juga tidak terlalu sulit. Sedangkan, model aplikasi Adobe After Effect ini lebih sulit. Anda harus mengedit video dengan hitungan detik. Bahkan, proses edit motion graphics di Adobe After Effect membutuhkan waktu hingga berhari-hari.

Fitur Utama yang Menunjang Fungsi Adobe After Effect

Ini Dia Fungsi Adobe After Effect untuk Edit Video

Salah satu cara cepat untuk mempelajari software Adobe After Effect adalah mengetahui fungsi dari beberapa fitur penting yang tersedia. Fitur utama ini memiliki peranan penting untuk menghasilkan motion graphics  yang diinginkan.

Tanpa menguasai fungsi dari fitur tersebut, maka Anda akan kesulitan untuk mengoperasikan software tersebut. Oleh sebab itu, ini dia daftar fitur utama yang wajib Anda kuasai agar dapat mengoperasikan software Adobe After Effect. Diantaranya adalah sebagai berikut ini :

  1.     Membuat Visual Efek Secara Custom

Salah satu fungsi Adobe After Effect ini adalah membuat visual efek yang diinginkan oleh editor. Memang, efek transisi pada software Adobe Premiere Pro ini cukup terbatas. Sehingga, Anda harus membuat visual efek secara custom.

Visual efek dari Adobe After Effect ini cukup menarik. Anda bisa membuat teks atau animasi seolah-olah bergerak. Selain itu, visual efek seperti Cinema 4D juga  dapat digunakan untuk membuat efek rooftopping.

  1.     Membuat Efek Motion Graphics

Bagi Anda yang terbiasa membuat motion graphics menggunakan green screen, maka gunakan Adobe After Effect untuk software editingnya. Sebab, ada beberapa efek dan fitur motion graphics yang cocok untuk dipadukan dengan green screen.

Sehingga, Anda bisa membuat video animasi green screen sekelas film-film dari Luar Negeri. Hanya saja, Anda wajib menguasai fitur dan fungsi Adobe After Effect guna menghasilkan video visual efek terbaik.

  1.     Membuat Teks Animasi

Kini, membuat teks animasi dapat dilakukan melalui software Adobe After Effect. Memang, beberapa editor selalu menggunakan Adobe Illustrator , Adobe Flash, atau Adobe Indesign untuk membuat teks animasi.

Hanya saja, Anda harus menguasai bagaimana cara membuat teks animasi yang terlihat nyata. Nah, pada software Adobe After Effect ini disediakan fitur 3D text animation. Sehingga, teks yang Anda buat terlihat seperti nyata.

Spesifikasi Device yang Kompatibel dengan Software Adobe After Effect

Ini Dia Fungsi Adobe After Effect untuk Edit Video

Memang, tidak semua perangkat device ini kompatibel dan dapat mendukung sistem software Adobe After Effect. Oleh sebab itu, ini dia spesifikasi device yang kompatibel dengan software Adobe After Effect . Diantaranya adalah sebagai berikut ini :

  1.     Kapasitas RAM dan ROM

Spesifikasi pertama, pastikan RAM dan ROM device Anda cukup memadai. Minimal, Anda harus menggunakan RAM dan ROM berkapasitas 8GB dan 500GB agar tidak mengalami lag saat digunakan untuk mengoperasikan Adobe After Effect.

  1.     Sistem Operasi Device

Spesifikasi kedua, pastikan sistem operasi device Anda mendukung semua fungsi Adobe After Effect. Pastikan Anda menggunakan sistem operasi terbaru seperti MacOs 12 atau Windows 10.

  1.     Prosesor Device

Spesifikasi ketiga, pastikan prosesor yang Anda gunakan juga cukup memadai. Anda dapat menggunakan prosesor tipe Nvidia GeForce atau AMD tipe 64-bit. Sebab, prosesor ini dapat mendukung tampilan grafis video yang Anda edit.

Pentingnya Fungsi Software Adobe After Effect dalam Mengedit Video

Ini Dia Fungsi Adobe After Effect untuk Edit Video

Sebagai editor video profesional, penggunaan software Adobe After Effect memang sangat membantu dalam mengedit video. Pasalnya, terdapat beberapa efek spesial yang dapat digunakan untuk keperluan tertentu.

Salah satunya adalah efek motion graphics. Efek ini terlihat sangat nyata. Padahal, pengambilan gambar video hanya menggunakan bantuan green screen. Alhasil, Anda dapat menekan biaya produksi.

Memang, ada beberapa software sejenis yang memiliki fungsi yang sama dengan Adobe After Effect. Hanya saja, tidak semua software alternatif memiliki tools dan special efek lengkap seperti Adobe After Effect. Oleh sebab itu, kami sarankan Anda untuk mengetahui fungsi Adobe After Effect karena lebih familiar dan kompatibel dengan semua jenis device.