Yuk Pelajari Fungsi Rumus AND Pada Microsoft Excel

Di dalam Microsoft Excel, tentu pengguna diwajibkan untuk mengetahui fungsi rumus AND. Sebab, rumus AND dalam Microsoft Excel ini cukup vital. Memang, rumus AND masuk dalam kategori rumus logika. Jadi, Anda wajib mengetahui fungsi dan tata cara penggunaan rumus ini.

Jika tidak, maka Anda akan merasa kesulitan dalam menghitung hingga mentabulasi data mentah yang ditulis pada Microsoft Excel. Sebagai akuntan, peran software Microsoft Excel ini sangat penting. Software ini membantu Anda untuk mengolah data berupa angka dan tulisan.

Jadi, Anda wajib menguasai rumus-rumus logika yang digunakan untuk mengolah data pada software Microsoft Excel, termasuk AND. Memang, proses pengolahan data menggunakan rumus AND ini cukup rumit. Perlu ketelitian pengguna agar mendapat hasil valid dari data yang diolah.

Apabila data yang Anda olah tidak valid, maka periksa kembali tata penulisan rumus AND. Sebab, kesalahan sedikit saja dapat menghasilkan data tidak valid. Untuk itu, ketahui pula bagaimana cara penulisan rumus logika Microsoft Excel agar mendapat hasil yang valid.

Pengertian Singkat Tentang Fungsi Rumus AND di Excel

Sebelum Anda memulai operasi Microsoft Excel, maka ada baiknya untuk mengetahui apa saja fungsi dari rumus logikanya. Sebab, ada banyak rumus logika dari software pengolah data angka dan huruf ini.

Salah satunya adalah AND. Ini adalah salah satu fungsi rumus logika yang wajib dipelajari oleh semua akuntan. Sebab, fungsi utama dari rumus logika ini adalah membandingkan dua pernyataan sesuai dengan data yang Anda tulis.

Umumnya, rumus ini digunakan untuk membandingkan pernyataan tentang benar (true) atau salah (false). Jadi, rumus ini berguna untuk membedakan manakah data yang masuk dalam kategori benar atau salah. Sehingga, pengguna tidak perlu menghitung data secara manual.

Sebab, rumus ini menganalisa argumen dari data-data yang Anda masukkan. Jika argumen dinyatakan valid, maka data akan menunjukkan pernyataan benar (true). Jika tidak sesuai dengan argumen, maka data akan menunjukkan pernyataan salah (false).

Anda tak perlu khawatir, karena fungsi rumus ini tidak pernah salah dalam mengolah data. Jika ada kesalahan hasil penghitungan, dapat dipastikan hal tersebut dikarenakan faktor human error.

Mungkin beberapa orang kerap bertanya-tanya, apakah rumus AND ini bisa digabung dengan rumus Microsoft Excel lainnya. Jawabannya tentu saja bisa. Hanya saja, gunakan rumus yang selaras dengan fungsi AND. Jika tidak, maka hasilnya pun juga tidak valid.

Cara Menggunakan Fungsi Rumus AND pada Excel

fungsi rumus and pada excel

Setelah mengetahui pengertian dan fungsi rumus AND, maka segera pelajari bagaimana cara menggunakan rumus tersebut. Sebelum menggunakan rumus ini dalam mengolah data, maka pelajari tata cara penulisannya.

Sebab, penulisan rumus AND ini terbilang cukup rumit. Banyak pengguna yang mendapatkan hasil tidak valid karena kesalahan dalam penulisan rumus. Sehingga, hasil olahan data tidak sesuai dengan keinginan Anda.

Sebagai pengguna, Anda wajib mempelajari cara menulis rumus AND agar mendapatkan hasil yang valid. Maka, tulis rumus AND dengan benar sesuai dengan data yang telah Anda tulis pada software Microsoft Excel. Untuk itu, ini di acara menulis rumus AND sesuai dengan data yang Anda tulis. Diantaranya adalah sebagai berikut ini :

  1. Menulis Rumus AND Untuk Hasil Benar (True)

Ada beberapa cara penulisan rumus AND untuk mendapatkan hasil benar (true). Anda wajib memperhatikan semua penulisan rumus agar tidak mendapat hasil jawaban “not valid”.

Rumus pertama yakni =AND(TRUE;TRUE), =aND(TRUE;TRUE;TRUE), =AND(2+1=3;2*1=2). Jadi, rumus ini akan mendapatkan hasil benar atau true jika pernyataan Anda benar. Jadi, fungsi rumus AND ini cukup penting dalam pengolahan data.

  1. Menulis Rumus AND Untuk Mendapat Hasil Salah (False)

Ada berbagai cara penulisan rumus AND guna mendapat hasil jawaban salah (false). Anda wajib memperhatikan tata cara penulisan rumus agar tidak mendapat hasil “not valid”.

Salah satunya adalah seperti =AND(FALSE;TRUE), =AND(TRUE;FALSE;TRUE), hingga =AND(2=3=5;4;2=1). Jadi, rumus ini akan mendapatkan hasil salah atau false jika pernyataan Anda salah atau tidak masuk akal.

Simak juga cara membuat buku di Word dengan baik dan benar disini.

Faktor Kesalahan Penulisan Rumus AND pada Microsoft Excel

fungsi rumus and or dan not di excel

Setelah mengetahui fungsi rumus AND pada software Microsoft Excel, maka pelajari pula apa saja faktor penyebab yang membuat Anda mendapat hasil pernyataan tidak valid. Memang, rata-rata mendapat hasil tidak valid ini disebabkan karena kesalahan penulisan rumus.

Namun nyatanya ada beberapa faktor lain yang membuat pernyataan dengan menggunakan rumus AND dinyatakan tidak valid. Faktor pertama, kesalahan saat input data yang Anda unggah pada tabel Microsoft Excel. Hal ini dapat membuat hasil pernyataan tidak valid.

Faktor kedua, kesalahan pada rumus gabungan pada AND. Memang, rumus AND ini bisa digabung dengan rumus Microsoft Excel lainnya. Syaratnya cuma satu, yakni adanya keselarasan antara fungsi AND dengan rumus fungsi lainnya.

Jika tidak selaras, maka hasil dari pengolahan data menjadi tidak sinkron. Alhasil, hasil pengolahan data menjadi tidak valid. Faktor ketiga, kesalahan mengunggah data pada tabel Microsoft Excel. Kesalahan pada pengunggahan data ini bisa saja membuat hasil tabulasi menjadi tidak valid.

Sebab, fungsi rumus AND adalah mentabulasi data secara akurat. Jika data yang diunggah mengalami kesalahan, maka hasil pengolahan data juga dinyatakan tidak valid. Untuk itu, cek terlebih dahulu data-data yang telah diunggah pada tabel Microsoft Excel.

Jika dipastikan valid, maka segera masukkan rumus untuk mengetahui apakah pernyataan yang Anda unggah masuk dalam kategori benar (true) atau justru masuk ke dalam kategori salah (false).

Tips Menulis Fungsi Rumus AND yang Digabung dengan Rumus Lain di Microsoft Excel

Memang, rumus AND ini bisa digabung dengan rumus lain pada software Microsoft Excel. Hanya saja, penulisan rumusnya tentu menjadi berbeda. Bahkan terkesan lebih rumit dibandingkan sebelumnya.

Jadi, sebagai pengguna tentu wajib mengetahui cara menulis fungsi rumus AND yang dikombinasikan dengan rumus logika lainnya pada software Microsoft Excel. Sebelum itu, ada beberapa tips dalam penulisan rumus yang harus Anda ketahui.

Tips pertama, jangan menggunakan rumus yang tidak selaras dengan fungsi AND. Sebab, rata-rata hasil not valid ini disebabkan karena fungsi logika rumus Microsoft Excel saling tidak berkaitan.

Akibatnya, hasil pengolahan data menggunakan rumus AND pun tidak membuahkan hasil atau tidak valid. Tips kedua, cek kembali data-data yang telah Anda tulis pada tabel Microsoft Excel. Sebab, kesalahan pada penulisan data akan berimbas pada hasil pengolahan yang menjadi tidak valid.

Tips ketiga, ketahui cara penulisan rumus AND yang digabung dengan rumus lain dalam satu perintah. Seperti contoh, rumus AND yang dikombinasikan dengan rumus Microsoft Excel seperti IF. Seperti contoh =IF(AND(A3>70;B2>70);”LULUS”;”TIDAK LULUS”)).

Rumus ini berfungsi digunakan sebagai perandaian dalam pengolahan data. Jika angka tersebut masuk dalam kategori lulus, maka hasilnya pun menjadi lulus. Jika tidak, maka hasil pengolahan data pun menghasilkan data tidak lulus.

Microsoft Excel adalah software pengolahan data yang banyak digunakan oleh pengguna. Ada banyak rumus yang bisa Anda gunakan. Salah satunya adalah AND. Untuk itu, kami sarankan pada Anda untuk mencoba menggunakan fungsi rumus AND untuk mengolah pernyataan yang Anda tulis di tabel Microsoft Excel.