Kelebihan Adobe Photoshop Dibandingkan Software Edit Foto Lainnya

Ada banyak kelebihan Adobe Photoshop sebagai salah satu software aplikasi editing foto dan desain grafis. Jika dibandingkan dengan software aplikasi sejenis, tentu saja Adobe Photoshop masih lebih unggul. Software yang dikelola oleh Adobe ini memiliki beragam fitur lengkap.

Bahkan, dari tahun ke tahun inipun selalu diperbarui fitur dalam mengedit foto. Tak heran jika editor profesional selalu memilih Adobe Photoshop untuk mengedit gambar, baik model 2 dimensi maupun 3 dimensi.

Selain editor foto profesional saja yang dapat menggunakan aplikasi ini. Para pemula pun juga dapat menggunakannya asal tahu fungsi dari fitur Adobe Photoshop. Bahkan, kini software aplikasi dari Adobe Photoshop telah kompatibel dengan semua jenis device.

Anda pun bisa mengedit foto via smartphone dengan mendownload dan menginstall aplikasi Adobe Photoshop versi mobile. Dan fitur-fitur yang disediakan pun juga hampir mirip dengan versi PC desktop maupun laptop. Maka tak heran jika softwaren ini telah didownload lebih dari 1 juta pengguna.

Perbedaan Adobe Photoshop Versi Creative Suite (CS) dengan Creative Cloud (CC)

Kelebihan Adobe Photoshop Dibandingkan Software Edit Foto Lainnya

Mungkin banyak orang yang belum paham betul bahwa terdapat dua versi berbeda dari software aplikasi Adobe Photoshop. Salah satunya adalah Adobe Photoshop versi Creaetive Suite (CS) dan Creative Cloud (CC).

Banyak orang yang terkecoh bahwa kedua software tersebut bukan dikelola oleh Adobe. Dua versi ini sama-sama dikelola oleh Adobe. Letak perbedaannya ada pada sistem pembelian software dan fitur-fiturnya.

Untuk itu, ini dia perbedaan Adobe Photoshop versi Creative Suite (CS) dengan versi Adobe Photoshop versi Creative Cloud (CC). Diantaranya adalah sebagai berikut ini :

  1. Cara Pembelian Software

Khusus untuk Adobe Photoshop versi Creative Suite (CS), Anda wajib membayar penuh biaya pembeliannya. Sedangkan, untuk Adobe Photoshop Creative Cloud (CC( ini dapat menggunakan sistem sewa.

 

Artinya, Anda bisa membayar biaya sewa antara 6 bulan hingga 12. Tentu saja lebih murah jika dibandingkan dengan pembelian penuh. Hal ini tentu saja menjadi salah satu kelebihan Adobe Photoshop versi Creative Cloud (CC).

  1. Sistem Penyimpanan

Untuk software aplikasi Adobe Photoshop versi Creative Suite (CS), maka Anda harus menggunakan sistem manual untuk menyimpan file yang telah didownload.

Sedangkan, untuk versi Creative Cloud (CC) ini tidak. Adobe menyediakan ruang penyimpanan khusus untuk menyimpan file foto yang telah diedit. Sehingga tidak memakan ruang di harddisk laptop atau PC Desktop Anda.

  1. Cara Penggunaan

Apabila Anda menggunakan software Adobe versi  Creative Suite (CS), maka hanya dapat diinstall pada 1 jenis laptop saja. Sedangkan, untuk versi Creative Cloud ini dapat diinstall pada 2 atau 3 PC desktop maupun laptop sekaligus.

Masing-masing versi memiliki kelebihan masing-masing. Jadi, tinggal Anda mau menggunakan Adobe Photoshop versi Creative Suite (CS) atau versi Creative Cloud (CC).

Kelebihan Adobe Photoshop jika Dibandingkan dengan Software Sejenis Lainnya

Kelebihan Adobe Photoshop Dibandingkan Software Edit Foto Lainnya

Beberapa editor fotografi memang memilih untuk menggunakan software aplikasi dari Adobe Photoshop. Memang, ada banyak software sejenis yang juga memiliki fungsi mengedit foto. Namun, beberapa orang menilai bahwa Adobe Photoshop jauh lebih mumpuni.

Ada beberapa kelebihan dari Adobe Photoshop yang tidak dimiliki oleh software lainnya. Sehingga, para editor profesional lebih menyukai aplikasi ini. Untuk itu, ini dia kelebihan Adobe Photoshop yang wajib Anda ketahui. Diantaranya adalah sebagai berikut ini :

  1. Memiliki Fungsi Untuk Memanipulasi Foto

Kelebihan pertama, Adobe Photoshop ini berfungsi untuk memanipulasi foto. Banyak artis-artis top dunia yang menggunakan software aplikasi Adobe Photoshop untuk membuat tampilan foto terlihat cantik dan menarik.

Anda pun dapat memanipulasi foto agar terlihat berbeda dengan aslinya. Hanya saja, Anda harus menguasai fitur dari Adobe Photoshop.

  1. Memiliki Fitur yang Beragam

Kelebihan kedua, Adobe Photoshop ini dibekali dengan beragam fitur menarik yang tidak dimiliki oleh software aplikasi lain. Memang, software aplikasi lainnya memiliki fitur untuk mempercantik tampilan foto.

Namun di Adobe Photoshop, Anda bisa mengubah lekuk tubuh tanpa terlihat. Hal ini menjadi salah satu kelebihan Adobe Photoshop untuk semua versi.

  1. Software Aplikasi yang Lengkap

Kelebihan ketiga ada pada kelengkapan fitur yang tersedia. Umumnya, software edit foto hanya mampu mengubah tampilan atau background saja. Namun di Adobe Photoshop, Anda bisa mengubah tampilan, background, komposisi, dan membubuhkan teks tertentu dalam satu layer.

  1. Tersedia Beberapa Model Format File

Kelebihan keempat, Anda bisa memilih format file yang telah diedit, seperti format PNG, JPEG, dan lain-lain tanpa perlu menggunakan converter. Dan inilah yang menjadi salah satu kelebihan Adobe Photoshop.

  1. Kompatibel dengan Semua Jenis Device

Kelebihan keempat adalah kompatibel dengan semua jenis device, mulai dari PC desktop, laptop, hingga smartphone. Ada beberapa versi software Adobe Photoshop yang tersedia. Jadi, silahkan pilih salah satu versi yang cocok untuk device milik Anda.

Tutorial Lengkap Cara Download Adobe Photoshop

Kelebihan Adobe Photoshop Dibandingkan Software Edit Foto Lainnya

Anda tak perlu khawatir jika ingin mendownload Adobe Photoshop. Sebab, Adobe menyediakan file software Adobe Photoshop CS 2 secara gratis. Jadi, Anda tidak perlu membeli lisensinya. Dan inilah yang menjadi salah satu dari kelebihan Adobe Photoshop.

Cara download aplikasi software dari Adobe ini pun cukup mudah. Langkah pertama, silahkan download file aplikasi software Adobe Photoshop di situs resmi Adobe. Kemudian, silahkan membuat akun Adobe terlebih dahulu.

Tulis nama depan dan nama belakang, tulis email, dan buat password akun Adobe. Jika sudah, silahkan login ulang. Kemudian, cari file software Adobe Photoshop CS 2. Kemudian, tekan  “I Accept” pada menu sebelum download file software Adobe Photoshop CS 2 secara gratis.

Setelah itu, Anda akan mendapatkan akses untuk download file tersebut. Pastikan Anda juga download Adobe Acrobat sebagai salah satu software pendukung dari Adobe Photoshop CS 2. Jangan lupa, tulis atau salin kode serial number dari software Adobe Photoshop CS 2 ini.

Tunggu beberapa saat hingga proses download file aplikasi telah rampung. Setelah itu, lakukan langkah selanjutnya berupa penginstallan software aplikasi. Caranya juga cukup mudah. Anda tinggal mengklik file aplikasi sebanyak dua kali. Kemudian tekan install. Tunggu beberapa saat hingga proses instalasi selesai.

Pastikan device Anda tidak tersambung dengan koneksi internet. Setelah itu, silahkan masuk ke software aplikasi Adobe Photoshop yang telah berhasil diinstall. Kemudian, Anda diharuskan untuk menginput kode serial number.

Kemudian, masukkan kode serial number yang Anda dapatkan. Masukkan 14 kode serial tersebut dan kemudian tekan submit. Tunggu bebrapa saat hingga proses input kode serial number telah selesai. Jika dinyatakan valid, maka software Adobe Photoshop CS 2 berhasil diinstall permanen pada device Anda.

Ada beberapa jenis software edit foto yang bisa Anda coba. Hanya saja, kami sarankan untuk menggunakan Adobe Photoshop . Untuk itu, segera install aplikasi Adobe Photoshop. Kemudian, coba edit foto dan rasakan kelebihan Adobe Photoshop bagi editor foto pemula dan profesional. Bisa dipakai untuk sekedar mengubah ukuran foto menjadi 100kb, sampai ke level jauh lebih advanced.