Simak, Ini Dia Kelebihan Fiber Optik Beserta Fungsinya

Sebagai teknisi jaringan antar komputer, Anda tentu tidak asing dengan fungsi serta kelebihan fiber optik. Kabel ini memiliki fungsi sebagai penghubung antar device PC desktop yang masih dalam satu lingkup ruangan.

Meskipun tampak tipis, kabel ini dapat diandalkan untuk menyambungkan antar device. Tercatat, tidak pernah ada konsleting atau gangguan pada PC desktop yang disambungkan antar perangkat menggunakan kabel fiber optik ini.

Memang, ada beberapa jenis kabel penyambung antar PC desktop lain selain kabel fiber optik. Namun, kecepatan akses dari kabel fiber optik ini lebih cepat dibandingkan dengan jenis kabel penyambung lainnya.

Maka tak heran jika kabel fiber optik juga digunakan untuk penyambung jaringan internet WiFi ke rumah para pelanggan. Kabel ini memiliki stabilitas cukup tinggi. Kabel fiber optik tetap dapat menyambungkan secara sistematis meskipun diterpa gelombang electromagnetic.

Artikel sebelumnya kami bahas langkah-langkah penyambungan kabel fiber optik, penuh dengan tutorial step by step. Harga kabel fiber optik ini cukup mahal jika dibandingkan dengan kabel penyambung lainnya. Untuk itu, Anda perlu merogoh kocek lebih dalam untuk dapat menggunakan kabel fiber optik guna menyambung antar perangkat device dalam satu lingkup ruangan.

Kelebihan Fiber Optik untuk Jaringan Komputer dan WiFi

Ini Dia Kelebihan Fiber Optik Beserta Fungsinya

Bukan rahasia lagi jika banyak perusahaan Negeri maupun swasta  menggunakan kabel jenis fiber optik untuk berbagai kepentingan di bidang jaringan komputer dan telekomunikasi. Umumnya, kabel ini digunakan sebagai penyambung antar device seperti PC desktop.

Namun, seiring dengan perkembangan teknologi yang membuat kabel fiber optik dioptimalkan sebagai penyambung koneksi jaringan rumah pribadi atau WiFi. Beberapa orang meyakini bahwa koneksi internet WiFi lebih stabil jika menggunakan kabel fiber optik.

Sehingga, beberapa provider jasa internet rumahan mulai menggunakan kabel tipe fiber optik jika dibandingkan dengan kabel yang terbuat dari kawat tembaga. Ada beberapa kelebihan fiber optik yang harus Anda ketahui. Diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Mampu Menghantarkan Data dengan Intensitas Besar

Kelebihan pertama, kabel tipe ini dipercaya dapat menghantarkan data dengan ukuran lumayan besar. Bahkan, kabel fiber optik ini mampu mentransfer jaringan internet hingga ukuran Gbps. Berbeda dengan kabel tipe lain yang hanya mampu mentransfer jaringan internet Mbps saja.

  1. Kabel Lebih Tipis

Kelebihan kedua, kabel fiber optik ini cukup tipis dan memiliki desain pipih. Meskipun terlihat tipis, namun kabel ini cukup kuat dan tidak mudah putus. Jadi, Anda tidak perlu khawatir ketika menggunakan kabel fiber optik untuk jaringan internet rumahan

  1. Tidak Terganggu Sinyal Elektromagnetic

Kelebihan fiber optic yang  ketiga, adalah tetap stabil dari gangguan sinyal electromagnetic. Hal ini disebabkan karena kabel ini tidak terhubung arus listrik secara langsung. Sehingga, proses penghantarannya tetap aman dalam kondisi apapun.

  1. Minim Terjadi Konsleting

Kelebihan keempat, penggunaan kabel fiber optik ini dapat meminimalisir terjadinya konsleting listrik yang menyebabkan kebakaran. Ya, karena kabel fiber optik tidak terhubung dengan aliran listrik secara langsung, maka resiko konsleting dapat diminimalisir.

  1. Keamanan Data Terjamin

Kelebihan kabel fiber opti yang kelima ada pada data-data yang ditransfer antar PC desktop ini terjamin keamanannya. Tak perlu khawatir, sebab kabel fiber optik ini cukup kuat dan tidak mungkin putus kecuali ada kelalaian penggunaan.

Ini Dia Jenis-Jenis Kabel Fiber Optik

Ada berbagai macam kabel fiber optik yang harus Anda ketahui. Masing-masing jenis kabel fiber optik memiliki fungsi dan kelebihan yang berbeda-beda. Memang, selain digunakan sebagai penghubung antar PC desktop, kabel fiber optik ini berguna untuk menyambung jaringan internet rumah Anda.

Sebab, kabel fiber optik ini cukup cepat dalam mentransmisikan jaringan internet. Untuk itu, ini dia jenis-jenis kabel fiber optik yang wajib diketahui oleh seorang teknisi jaringan. Diantaranya adalah sebagai berikut ini :

  1. Single Mode Fiber (SMF)

Jenis kabel fiber optik yang pertama adalah single mode fiber. Kabel jenis ini  menggunakan satu metode cahaya guna mengirimkan data antar PC desktop maupun jaringan koneksi internet. Dengan menggunakan kabel fiber optic single mode, maka tidak banyak pantulan cahaya yang dihasilkan.

Alhasil, kabel jenis single mode fiber optik ini lebih cepat dalah urusan transmisi data karena memiliki bandwitch cukup banyak dibandingkan dengan jenis kabel fiber optik lainnya. Hal ini menjadi salah satu kelebihan fiber optik tipe Single Mode Fiber (SMF).

  1. Multi Mode Fiber

Selain Single Mode Fiber (SMF), kabel fiber optic yang juga sering digunakan adalah model Multi Mode Fiber (MMF).  Tipe ini mentransmisikan banyak cahaya dalam satu kali proses transfer data bandwitch.

Ada beberapa perbedaan antara tipe Single Mode Fiber (SMF) dengan tipe Multi Mode Fiber (MMF). Salah satunya adalah ketebalan kabel. Kabel fiber optic tipe Multi Mode Fiber ini cukup tebal untuk melapisi cahaya yang ditransmikal oleh fiber optik.

Selain itu, tipe Multi Mode Fiber (MMF) ini digunakan hanya untuk jarak dekat saja. Sedangkan, tipe kabel Single Mode Fiber (SMF) lebih digunakan untuk transmisi jarak jauh. Jadi, itulah kelebihan fiber optik tipe Multi Mode Fiber (MMF) dan Single Mode Fiber (SMF).

Inilah Cara Kerja Kabel Fiber Optik

Ini Dia Kelebihan Fiber Optik Beserta Fungsinya

Mungkin beberapa orang yang awam dibidang teknologi jaringan tentu bertanya-tanya tentng bagaimana cara kerja dari kabel fiber optik ini. Menginat, kabel ini berisikan serat-serat halus yang seperti kaca bisa menghantarkan data koneksi jaringan internet hingga kecepatan maksimal Gbps.

Perlu Anda ketahui, salah satu kelebihan fiber optik ini adalah tidak terpengaruh gelombang electromagnetic. Sebab, kabel ini tidak terhubung langsung dengan jaringan listrik. Oleh sebab itu, kabel ini tetap lancar dalam mendistribusikan data koneksi jaringan meskipun rumah Anda mengalami pemadaman bergilir.

Selain itu, Anda juga wajib tahu bagaimana sistem kerja dari kabel fiber optik. Sistem kerja dari kabel fiber optik ini sangat simpel sekali. Pasalnya, kabel ini terbuat dari serat kaca halus yang mampu menghantarkan data 10 kali lebih cepat jika dibandingkan dengan tipe kabel tembaga.

Sebab, cara kerja dari kabel ini menggunakan efek pemantulan dari kaca. Jadi, data yang akan diteruskan ini akan dipantulkan ke serat-serat kaca terlebih dahulu. Sistem kerja dari kelebihan fiber optik ini tentu saja sangat menguntungkan untuk digunakan oleh perusahaan besar.

Untuk mendapatkan pantulan kaca, kabel fiber optik ini mengubah aliran arus listrik menjadi aliran cahaya yang saling memantul diantara komponennya. Jadi dapat dipastikan jika penggunaan kabel fiber optik ini tidak menyebabkan konsleting listrik.

Pasalnya, dalam aliran kabel tersebut tidak mengandung energi listrik sama sekali. Jadi, rumah Anda tetap aman ketika kabel fiber optik terputus secara tiba-tiba.  Hanya saja, harga kabel fiber optik ini cukup mahal. Anda harus mempertimbangkan dengan matang sebelum menggunakannya.

Kabel fiber optik menjadi salah satu jenis kabel penyambung antar device dengan jangkauan cukup dekat. Selain itu, kabel ini digunakan untuk menyambung perangkat WiFi dari jaringan internet terdekat. Maka dari itu, kami sarankan untuk mempelajari serta ketahui kelebihan fiber optik dibandingkan dengan jenis kabel lainnya.