Laptop Tidak Bisa Nyala Tapi Lampu Charger Hidup

Mengatasi laptop tidak bisa nyala tapi lampu charger hidup perlu dilakukan, supaya nantinya apabila terjadi masalah bisa menanganinya dengan baik. Ada berbagai penyebab yang melatarbelakanginya, oleh sebab itu Anda harus mengetahui langkah-langkahnya.

Penyebab Laptop Tidak Bisa Nyala Tapi Lampu Charger Hidup

Ada berbagai penyebab laptop tidak bisa nyala tapi lampu charger hidup, untuk itu Anda perlu mengetahuinya agar nantinya dapat mengatasi secara tepat. Oleh karena itu, ada beberapa penyebab laptop yang tidak bisa nyala. Berikut ulasannya:

  1. Prosesor Mengalami Masalah

Prosesor sendiri merupakan salah satu komponen yang menduduki peran penting atau bisa disebut dengan otak komputer. Oleh karenanya, hindari melepas bagian ini apabila belum berpengalaman, karena beresiko tinggi. apabila salah penanganan akan menimbulkan kerusakan semakin parah.

Ha ini biasanya diakibatkan dari pasta prosesor ISOthermal sudah tidak layak. Cara penanganannya yaitu dengan bersihkan komponen tersebut, ganti dengan yang baru. Pastikan berhati-ati saat memasangnya, untuk menghindari terjadinya kerusakan parah.

  1. Komponen Power Sudah Rusak

Tanda dari kerusakan ini adalah, apabila lampu indikator mati namun adaptor masih dalam keadaan optimal. Bagian socket yang kurang berfungsi menyebabkan listrik tidak dapat mengalir dengan baik, oleh sebab itu PC mati total karena baterai habis terutama untuk kondisi yang harus selalu dicas.

Socket yang bermasalah bisa mengakibatkan lonjakan listrik menyebabkan kerusakan komponen power. Sebelumnya periksa tombol on/off atau ic power. Cobalah untuk melepas charger, kemudian tekan tombol power 30 detik sampai daya habis, terakhir pasang kembali charger.

  1. Permasalah RAM

RAM yang sudah yang sudah kelebihan kapasitas aka mengakibatkan PC tidak menyala, oleh karenanya lakukan pembersihan. Cara penanganan cobalah untuk melepaskan komponen tersebut dan bersihkan dengan penghapus pensil, kemudian pasang kembali.

Apabila terdapat dua socket yang berbeda di PC Anda, pasanglah di tempat berbeda. selanjutnya pastikan sudah berada dalam posisi benar. Jika tidak menunjukkan perubahan, ada indikasi bahwa RAM tidak dapat berfungsi secara sempurna, untuk itu cobalah menggantinya yang baru.

laptop tidak nyala tapi lampu charger hidup

  1. Permasalahan pada Adaptor

Cobalah untuk mengecek lampu indikator apakah menyala atau tidak, jika mati maka kemungkinan kerusakan pada adaptor. Cobalh memeriksa sambungan kabel apakah ada yang longgar atau terputus. Oleh sebab itu perlu menyimpannya dengan cara tepat serta hati-hati saat mencabutnya.

Cara mudah mengecek adaptor bermasalah atau tidak yaitu dengan mencoba mengecas dengan lainnya yang satu tipe. Apabila tetap tidak mau menyala, ada indikasi kerusakan terjadi pada tombol power, sehingga harus melakukan penanganan dengan membawanya ke tukang service.

  1. Permasalahan pada Baterai

Saat menyalakan PC namun tidak mau menyala, cobalah untuk memeriksa apakah baterai terisi atau tidak. Caranya yaitu dengan melakukan pengisian daya, tunggu beberapa menit. Biasanya perangkat akan memberikan tanda yaitu nyala lampu berwarna merah.

Pastikan daya yang Anda gunakan saat mengecas dalam keadaan mencukupi, jika tetap tidak mau menyala cobalah lepas baterai. Hal ini berlaku untuk jenis yang bisa lepas pasang. Apabila permanen, sebaiknya bawa lah ke tukang service agar mendapatkan menangani dengan tepat.

  1. Permasalahan pada Mainboard

Periksa apakah ada komponen yang terbakar atau tidak, jika ada sebaiknya lakukan penggantian. Sebelumnya lepas terlebih dahulu mulai dari harddisk, DVD, wifi card selanjutnya bersihkan, kemudian cek mainboard apakah dapat berjalan ketika komponen tersebut tidak terpasang.

Laptop yang tidak menyala bisa disebabkan oleh berbagai alasan, mulai dari kerusakan RAM, monitor atau komponen penting lainnya. saat hal tersebut terjadi usahakan tidak panik, periksa terlebih dahulu bagian komponen mana yang dalam kondisi tidak baik, selanjutnya lakukan penanganan.

Solusi Laptop Tidak Bisa Nyala Tapi Lampu Charger Hidup

laptop tidak bisa nyala lampu charger hidup

Bagi Anda yang bekerja dengan laptop tentu saat perangkat tersebut mengalami kerusakan akan panik, oleh sebab itu pastikan mengetahui penyebabnya terlebih dahulu, kemudian lakukan penanganan khusus. berikut ini beberapa ulasannya:

  1. Lakukan Power Reset

Langkah ini dilakukan untuk menghentikan semua program yang Anda jalankan sebelumnya, selain itu juga untuk memutuskan seluruh aliran listrik yang kemungkinan menjadi penyebabnya. Pastikan semua dalam kondisi optimal, baik baterai maupun pendukungnya. Lakukan langkah di bawah ini:

  • Putuskan laptop dari semua aliran listrik.
  • Copot charger dan baterainya sekalidus.
  • Tekan tombol power selama 30 detik.
  • Pasang baterai, dan colokkan ke charger.
  • Terakhir, nyalakan laptop.
  • Jika sudah menyala, berarti proses berhasil.

Pada umumnya cara tersebut sudah dapat mengatasi laptop yang bermasalah, namun jika belum bisa menyala maka kemungkinan besar ada kerusakan dari segi internalnya. Oleh sebab itu awalah ke tukang servis, dan hindari mabuk bagian dalamnya sendiri jika tidak mengerti.

  1. Masalah RAM

Ciri-cirinya yaitu lampu indikator menyala dan mesin terasa berjalan dengan baik. hal ini tentu akan membuat kegiatan menjadi terbengkalai, penyebabnya sendiri mudali kelebihan kapasitas maupun sudah rusak dari dalamnya. Berikut Ini alasannya:

  • Pastikan laptop dalam keadaan mati.
  • Lepaskan RAM laptop Anda.
  • Bersihkan pin dari RAM.
  • Gunakan penghapus pensil.
  • Masukkan komponen tersebut kembali.
  • Hidupkan laptop dengan menekan tombol power.
  • Jika sudah hidup, maka proses selesai.

Tidak menutup kemungkinan cara ini tidak berhasil, namun bukan menandakan jika kerusakan tersebut berasal dari perangkat, bisa saja dari hardware atau terkena virus mematikan. Ada berbagai kemungkinan penyebabnya, untuk itu pastikan megetahuinya terlebih dahulu.

  1. Diamkan Laptop 3 Hari atau Lebih

Setelah melakukan berbagai cara namun laptop tetap bisa menyala, kemungkinan ada masalah yang timbul dari dalamnya. Sebelum melakukan langkah ini, cobalah untuk mebersihkan komponennya dengan baik. berikut ini ulasannya:

  • Lakukan pembersihan pada RAM dan perangkat lainnya.
  • Mematikan laptop dengan sempurna.
  • Biarkan selama 3-4 hari.
  • Nyalakan kembali.
  • Masalah teratasi.

Cara ini memang terbilang berbeda, namun beberapa orang terbukti berhasil. Kemungkinan besar disebabkan karena perangkat yang terlalu sering digunakan, namun pada kipas mengalami kerusakan. Akibatnya menjadi mati namun lampu tetap menyala.

Simak juga artikel kami tentang cara mengubah ukuran foro menjadi 100kb

Pencegahan Laptop Tidak Bisa Nyala Tapi Lampu Charger Hidup

laptop tidak bisa nyala tapi lampu charger hidup

Perangkat digital memang perlu untuk dirawat, terutama yang digunakan dengan intensitas yang sangat sering. Hal ini memungkinkan membuat komponen di dalamnya cepat rusak. Selain faktor internal, biasanya juga berkaitan dengan kelengkapan eksternal seperti charger.

Apabila kipas sudah rusak, usahakan segera menggantinya atau menambahnya dengan perangkat eksternal. Apabila terlalu panas, maka segera hentikan pekerjaan, biasanya akan memperlambat kinerja terutama untuk editing video.

Hal ini karena software editing video cukup berat, untuk itu perhatikan speknya sebelum digunakan untuk menjalankan aplikasi dengan kapasitas tinggi. Biasanya untuk para gamers menggunakan PC rakitan, karena bisa menyesuaikan dengan kebutuhan.

Demikian penjelasan mengenai laptop tidak bisa nyala tapi lampu charger hidup dengan beberapa teknik dan penyebab. Agar tidak terjadi masalah tersebut, sebaiknya melakukan perawatan dengan baik dan benar, hal ini berlaku untuk eksternal dan internalnya.