Kegunaan & Cara Membuat Ukuran Foto 4 x 6 di Word, Gambar Pas

Dengan adanya berbagai keperluan, maka percetakan jenis gambar memiliki banyak jenis ukurannya. Salah satunya adalah ukuran foto 4 x 6 di Word. Dalam proses mencetaknya memerlukan keterampilan saat mengaturnya sehingga hasilnya bisa bagus dan sesuai keinginan.

Memberikan foto ukuran 2×3, 3×4 dan 4×6 sangat banyak digunakan untuk keperluan pembuatan dokumen formal, cara menentukan ukuran pas foto ini sebenarnya sama saja. Cara yang sama tinggal copy paste sehingga sekali Anda faham, bisa diaplikasikan di berbagai ukuran. Simak yuk

Mengenal Foto 4 x 6 di Word

ukuran pas foto 4x6 di word

Dalam melakukan pencetakan foto, Anda bisa bisa mengaturnya terlebih dahulu menggunakan aplikasi Microsoft Word. 4 x 6 merupakan jenis ukuran yang mana mempunyai tinggi 6 cm dan lebar 4 cm. Pengguna dapat memakainya sesuai kebutuhannya.

Pandangan atau pengertian dari orang awam merasa bahwa 4 x 6 itu adalah ukuran aslinya. Namun, ketika Anda mengaturnya menggunakan Microsoft Word, maka beda ukurannya, yaitu 3.81 cm x 5.59 cm. Keterangan ini menjadi patokan ketika akan mencetaknya.

Microsoft Word menjadi salah satu aplikasi untuk melakukan berbagai aktivitas pekerjaan. Tidak hanya mengolah kata-kata saja, Anda bisa mengedit ukuran foto 4 x 6 secara mudah dan praktis karena tools yang ada sangat simple dalam pengoperasiannya.

Baca juga artikel bagaimana cara membuat dokumen dalam bentuk buku di microsoft word.

Cara Mengatur dan Mencetak Ukuran Foto 4 x 6 Melalui Microsoft Word

Foto menjadi salah satu syarat dari berbagai keperluan, sebagai contoh ijazah, melamar pekerjaan, SKCK, SIM, CPNS, dan kebutuhan penting lainnya. Untuk bisa membuat ukuran 4 x 6, maka Anda bisa mengaturnya dengan menggunakan Microsoft Word. Berikut cara selengkapnya.

1. Membuka Software Microsoft Word

Langkah pertama dalam mengatur foto adalah membuka software Microsoft Word. Anda bisa menggunakan semua versi, mulai dari 2007, 2010, 2013, hingga yang paling terbaru. Setelah berhasil masuk, kemudian akan tampil pilihan jenis editing dokumen.

Dalam memilih jenis tampilan dokumennya, Anda bisa klik Blank Document sehingga muncul halaman kosong. Setelah itu, masukkan foto atau gambar yang ingin diubah ukurannya menjadi 4 x 6. Masukkan dengan mengklik tool Insert.

2. Memasukkan Foto

Foto yang bisa Anda edit tidak mempunyai ketentuan ukuran pikselnya. Sehingga berapa pun itu, tetap dapat mengeditnya melalui Microsoft Word. Melanjutkan proses sebelumnya, jika sudah klik menu Insert, maka akan muncul sejumlah pilihan. Dalam hal ini, pilih Pictures. Shortcutnya bisa pake cara klik kanan pada foto.

Setelah mengklik, maka akan muncul dialog untuk memilih gambar berdasarkan berdasarkan lokasi penyimpanan dalam komputer atau laptop. Apabila telah menemukan filenya, selanjutnya klik Insert dan gambar berhasil masuk ke dalam dokumen. LIhat gambar di bawah

3. Menentukan Posisi dan Ukuran Foto

Apabila foto telah masuk ke dalam halaman baru, maka selanjutnya adalah proses penentuan ukuran dan posisi. Pada tahapan ini, klik kanan pada gambar tersebut. Kemudian akan muncul berbagai opsi. Pilihlah Scale and Position. Atur posisi height dan width agar pas.

ukuran foto 4x6 di word

Pada langkah berikutnya akan muncul dialog Layout untuk melakukan pengaturan ukuran/Size. Hilangkah terlebih dahulu Lock aspect ratio dan Relative to original picture. Jika ingin mengubahnya menjadi ukuran 4 x 6, maka aturlah tingginya menjadi 5.6 cm dan lebarnya adalah 3.8 cm. Apabila sudah selesai, selanjutnya klik OK untuk melanjutkan.

Jangan lupa klik lock aspect ratio dan relative to original picture size.

4.  Mencetak Foto Ukuran 4 x 6

Setelah semua pengaturan ukuran foto menjadi 4 x 6 atau sudah sesuai dengan keinginan, maka jika ingin mencetaknya lakukan persiapan printer dan kertasnya dulu. Mengenai kertasnya harus menyesuaikan berdasarkan kebutuhan serta jumlahnya juga beragam.

Untuk mulai mencetak foto, maka klik menu File kemudian pilih Print. Cara cetak, Anda juga bisa langsung menekan tombol kombinasi CTRL + P. Setelah itu, akan muncul preview serta sejumlah pengaturan pencetakan. Jika sudah sesuai, lanjut memilih simbol Print agar foto tercetak melalui printer.

Penempatan yang Tepat Dalam Mengatur Foto Ukuran 4 x 6

Ukuran yang beda dari ketentuan bisa saja ditolak. Maka dari itu, sebelum mencetaknya, ada baiknya Anda selalu memperhatikan tahapan demi tahapan ketika mengaturnya. Dengan begitu hasilnya bisa pas dan sesuai. Berikut langkah penempatan yang tepat untuk foto ukuran 4 x 6.

1. Memahami Cara Pengambilan Gambar yang Tepat

Langkah paling awal agar hasil cetakan sesuai dan bagus adalah memperhatikan cara-cara pengambilan foto yang tepat. Pastikan Anda menggunakan pakaian rapi, background polos sehingga mudah menggantinya hingga pencahayaan bagus.

Agar foto hasilnya presisi, Anda harus menegakkan bahu supaya lurus. Sehingga, akan tampak bagus daripada membungkuk. Usahakan juga tidak menggunakan kaca mata karena bisa menghasilkan gambar yang memantul karena cahaya kamera.

2. Mengatur Posisi Tubuh Saat Pemotretan

Selain mengatur pundah pada posisi awal, Anda juga perlu memerhatikan ekspresi wajah. Tersenyumlah secara wajar dan tidak memperlihatkan gigi. Kemudian, pastikan memandang ke arah kamera secara lurus serta hindari mata berkedip saat memotret.

Sebagai cameraman, baiknya Anda memastikan panjang muka antara dagu serta kepala adalah sekitar 31mm hingga 36mm. Foto harus berbentuk close up atau dekat, yaitu sebanyak kurang lebih 25 persen dari keseluruhan.

cara mengubah ukuran foto menjadi 4x6 di word

3. Mengedit Ukuran Foto 4 x 6 Dengan Posisi Tepat

Setelah melakukan pemotretan sesuai kriteria tersebut, maka selanjutnya pindahkan file ke dalam aplikasi pengeditan, seperti Microsoft Word. Kemudian, Anda harus melakukan pengaturan ukuran menjadi 4 x 6 sesuai langkah-langkah sebelumnya.

Jika sudah siap, lakukan pemantauan hasilnya secara teliti. Untuk hasil foto presisi serta tepat sebaiknya ukurannya adalah 5.59 cm untuk tinggi serta lebarnya adalah 3.81 persen. Agar potongan rapi, tambahkan bis putih pasa frame sebesar 1mm.

4. Menentukan Presisi Foto dari Keseluruhan

Jika membandingkan dengan ukuran lainnya, 4 x 6 ukurannya lebih besar dari 2 x 3 dan 3 x 4. Kemudian hasilnya adalah berupa foto close up dengan background atau latar belakang sesuai kebutuhan Anda. Maka dari itu, bisa mengeditnya sendiri.

Presisi yang baik untuk ukuran 4 x 6 adalah mempunyai jarak antara bagian atas hingga mata sebesar 35 persen dari keseluruhan frame. Kemudian, untuk area mata ke bawah ialah memiliki presentasi sebanyak 65 persen. Dengan begitu, hasilnya akan bagus serta tepat.

Kegunaan dari Foto Ukuran 4 x 6

cara membuat ukuran foto 4x6 di word

Ukuran foto 4 x 6 mempunyai kegunaan untuk beragam keperluan. Namun, secara umum penggunaannya adalah paling sering untuk beberapa keperluan seperti berikut ini.

1. Ijazah

Ijazah merupakan tanda dari tamat belajar seorang siswa atau mahasiswa yang berisikan informasi nama dan gelar. Kemudian ada data berupa nilai hasil pembelajaran selama ini. Selanjutnya, pastinya terdapat foto ukuran 4 x 6.

Dalam penentuan ukuran foto ijazah memang sangat beragam tergantung sekolah atau universitas. Namun, memilih 4 x 6 juga memiliki peraturan lainnya, seperti latar belakang, hingga jenis penggunaan kertasnya

2.  SKCK

Surat Keterangan Catatan Kepolisian menjadi dokumen resmi dari POLRI yang bisa masyarakat gunakan untuk melakukan berbagai hal. Ini merupakan bukti bahwa Anda tidak mempunyai catatan kejahatan atau kriminal.

Salah satu syarat membuat SKCK adalah membawa pas poto ukuran 4 x 6 dengan ketentuan sebanyak 6 lembar. Kemudian latar belakangnya merah dan memakai pakaian yang rapi dan sopan.

3. Lamaran Pekerjaan

Kegunaan berikutnya dari ukuran foto 4 x 6 adalah untuk melamar pekerjaan. Ini tentu saja berbeda dari setiap perusahaan. Kemudian, persyaratan lainnya juga akan menyesuaikan.

Sejumlah HRD merekomendasikan ukuran foto lamaran kerja adalah 4 x 6. Hal ini akan memudahkan mereka dalam menilai gaya tubuh dari pelamar karena sangat menentukan sifat, karakter, hingga pandangan si pelamar tersebut. Demikian ulasan seputar ukuran foto 4 x 6. Semoga bermanfaat.