Urutan Processor AMD dari Terendah Sampai Tertinggi

Urutan Processor AMD dari Terendah Sampai Tertinggi
Urutan Processor AMD dari Terendah Sampai Tertinggi

Beberapa orang mungkin belum paham betul terkait urutan processor AMD. Processor adalah  salah satu komponen penting pada PC desktop dan laptop. Tercatat, ada beberapa model processor yang tersedia, dan salah satu jenis yang paling populer adalah AMD (Advance Micro Device).

AMD menjadi salah satu jenis komponen processor yang banyak dipilih oleh pengguna. Processor AMD ini juga terdiri dari urutan terendah hingga tertinggi. Semakin tinggi processor AMD yang digunakan, maka semakin stabil pula device ketika dioperasikan.

Maka dari itu, selektiflah sebelum membeli perangkat device semacam PC Desktop dan Laptop. Pahami terlebih dahulu jenis perangkat keras (Hardware) dan perangkat lunak (Software) yang terpasang pada device tersebut. Sebab, kerusakan laptop atau PC desktop bisa saja disebabkan karena kesalahan dalam memilih processor.

Sejarah Singkat Tentang Processor AMD

AMD atau Advance Micro Device merupakan suatu perusahaan yang bergerak di bidang pembuatan integrate chip (IC) dan processor device, seperti PC desktop serta laptop. Perusahaan ini dahulu berpusat di kawasan Austin, Texas, Amerika Serikat.

Seiring berjalannya waktu, AMD mulai membangun pabrik kedua di untuk merambah pangsa pasar Eropa. Tercatat, pabrik kedua dari AMD ini dibangun di Dresden, Jerman. Akan tetapi, pabrik ini hanya khusus untuk memproduksi processor tipe AMD Athlon saja.

Sedangkan, untuk tipe processor AMD lainnya tetap diproduksi oleh pabrik pusat yang berlokasi di  Sunnyvale, California, Amerika Serikat. Hingga kini, perusahaan yang bergerak di bidang teknologi ini semakin berkembang pesat.

Di tahun 2006 saja, AMD berhasil membeli salah satu perusahaan grafis terbesar di dunia dari Amerika Serikat, yakni ATI Technology. Sehingga, pengguna device dengan processor AMD disuguhkan dengan desain tampilan grafis setara dengan Full High Definition (FHD).

Selain itu, urutan processor AMD juga cukup banyak. Setiap tahun, AMD mengeluarkan jenis processor terbaru. Dan baru-baru ini saja, perusahaan AMD berhasil menciptakan salah satu processor terbesar dan terstabil, yakni X86-Compatible. Processor ini diyakini sebagai salah satu perangkat lunak terbaik setelah Intel.

Daftar Urutan Processor AMD Mulai dari Tipe Terendah hingga Tipe Tertinggi

Urutan Processor AMD dari Terendah Sampai Tertinggi

Sebagai salah satu jenis processor terbaik, maka AMD telah mengeluarkan beberapa varian processor. Rata-rata, processor yang diproduksi oleh AMD ini bersaing dengan processor dari merek kompetitor, seperti intel.

Oleh sebab itu, ini dia daftar urutan processor AMD dari varian terendah hingga tertinggi. Diantaranya adalah sebagai berikut ini :

  1. AMD K5

AMD K5 merupakan produk processor pertama yang dikembangkan oleh AMD. Akan tetapi, processor ini sempat mengalami kendala karena banyak motherboard dari beberapa device tidak kompatibel dengan AMD K5. Memang, saat itu Intel sangat menguasai pasar processor.

 

Hanya processor dari intel yang kompatibel dengan  semua jenis motherboard pada saat itu. Processor ini bisa digunakan kembali setelah mendapat pembaruan dari BIOS.

 

  1. AMD K6

AMD K6 merupakan penyempurna dari processor AMD K5. Tipe ini pun mulai bersaing dengan Intel. Kemudian, AMD membuat 3 varian dari AMD K6, yakni AMD K6, AMD K6-II, dan AMD K6-III. Letak perbedaan dari 3 varian processor AMD K6 ini hanya pada kecepatannya saja.

 

  1. AMD Duron

Urutan processor AMD selanjutnya adalah AMD Duron. Processor ini mulai di pasarkan di tahun 2000-an. Processor ini dibekali dengan teknologi cukup mumpuni di jamannya. Sehingga, sangat laku keras di awal tahun 2000-an.

 

  1. AMD Athlon

Processor tipe juga menjadi salah satu processor terbaik dari AMD. AMD Athlon berhasil merebut pasar Intel yang kala itu masih memproduksi Intel Pentium III kala itu.

 

  1. AMD Athlon 64 X2

Urutan processor AMD selanjutnya adalah AMD Athlon 64 X2. AMD Athlon 64 X2 merupakan processor penyempurna dari varian AMD Athlon. Khusus untuk AMD Athlon 64 x2, terdapat 3 socket yakni tipe 754, 939, dan 940.

 

Dan perlu Anda ketahui, processor AMD Athlon ini hanya kompatibel pada device yang menggunakan sistem operasi tipe 64-bit.

 

  1. AMD Athlon 64 FX

AMD Athlon 64 FX ini juga dirilis bersamaan dengan AMD Athlon 64 X2. Letak perbedaannya ada pada teknologi yang digunakan. AMD Athlon 64 FX dibekali antivirus dan kompatibel dengan sistem operasi tipe 32-bit dan 64-bit.

 

  1. AMD Sempron dan AMD 64 V2 Dual Core

Urutan processor AMD selanjutnya adalah AMD Sempron dan AMD 64 V2 Dual Core. Produk dari AMD ini menjadi salah satu penantang serius dari processor Intel Celeron.

 

AMD Sempron ini hanya kompatibel dengan sistem operasi tipe 32-bit. Sedangkan, AMD 64 V2 Dual Core ini hanya kompatibel dengan sistem operasi 64-bit.

 

  1. AMD Orochi Bulldozer

Dan AMD Orochi Bulldozer adalah processor paling baru yang dikembangkan oleh AMD. Processor ini cukup tangguh dan biasanya dipasang pada device tipe high class. Bahkan, processor AMD Orochi ini digunakan pada device yang diinstall game-game berat.

Keunggulan Urutan Processor AMD jika Dibandingkan dengan Processor Lainnya

Urutan Processor AMD dari Terendah Sampai Tertinggi

Sebelum membeli PC desktop atau laptop, maka Anda wajib mengetahui jenis processor yang digunakan oleh perangkat tersebut. Bagi Anda yang memiliki budget pas-pasan, maka disarankan untuk membeli perangkat device dengan processor AMD.

Ada beberapa keunggulan dari perangkat yang menggunakan processor dari AMD. Oleh sebab itu, ini dia daftar keunggulan dari perangkat lunak yang menggunakan processor tipe AMD. Diantaranya adalah sebagai berikut ini :

  1. Harga Terjangkau

Keunggulan pertama, harga dari processor AMD ini terbilang cukup murah. Bahkan, jauh lebih murah jika dibandingkan dengan processor buatan dari Intel. Maka tak heran jika PC desktop maupun laptop yang menggunakan processor tipe AMD lebih laku di pasaran.

 

  1. Banyak Pilihan Tipe Processor

Keunggulan ketiga, pilihan processor yang disediakan oleh AMD cukup banyak. Anda bisa memilih sesuai dengan urutan processor AMD dari yang terendah hingga varian tertinggi. Anda disarankan untuk memilih varian tertinggi.

 

Sebab, processor AMD tertinggi memiliki spesifikasi dan fitur terlengkap. Sehingga, device tetap stabil dan aman dari virus digital. Selain itu, processor terbaru dari AMD dapat mengurangi panas hingga 50% jika dibandingkan dengan varian-varian sebelumnya

 

  1. Dibekali dengan Teknologi Mumpuni

Keunggulan kedua, teknologi yang tersemat pada processor AMD cukup lengkap dan mampu bersaing dengan processor merek lain. Tercatat, ada 3 teknologi yang dapat membuat perangkat Anda cukup stabil ketika digunakan.

 

Teknologi pertama yakni Hyper Transport Technology  Teknologi kedua yakni Cool & Quiet. Teknologi Cool & Queiet ini dapat meredam panas akibat penggunaan device terlalu lama.

 

Sehingga, komponen perangkat lebih awet. Teknologi ketiga adalah Enhanced Virus Protection. Teknologi ini dapat mendeteksi virus dan memusnahkannya secara otomatis.

Processor menjadi salah satu komponen terpenting pada PC Desktop dan laptop. Ada bebereapa macam merek processor, salah satunya adalah AMD. AMD menjadi salah satu perusahaan perangkat device yang cukup ternama di Dunia.

Ada banyak produk processor yang masing-masing memiliki keunggulan tersendiri. Maka dari itu, ketahui urutan processor AMD terlebih dahulu sebelum Anda membeli PC desktop atau laptop.